Scroll to Top

Lionel Messi Kalahkan Cristiano Ronaldo di Onze d’Or 2012

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 28 Sep 2012

Lionel Messi Onze d'Or

Pengumuman pemenang Ballon d’Or memang masih lama. Sebelum menanti siapa pemain terbaik dunia versi FIFA, Lionel Messi terlebih dahulu menyabet gelar Onze d’Or atau Pemain Terbaik di Eropa yang diselenggarakan oleh majalah Prancis, Onze Mundial. King Leo mendapatkan suara terbanyak dan mengalahkan dua pesaing utamanya: Cristiano Ronaldo (Real Madrid) dan Radamel Falcao (Atletico Madrid).

Onze d’Or adalah gelar Pemain Terbaik di kompetisi benua Eropa yang diberikan oleh Onze Mondial, majalah Perancis, sejak 1976. Dan tahun ini, gelar tersebut untuk kesekian kalinya dianugerahkan kepada Lionel Messi. Pemain Barcelona tersebut sukses mendapatkan vote terbanyak, yaitu 47,45 persen.

Di bawah King Leo ada sosok Cristiano Ronaldo yang memperoleh 27,95% suara. CR7 berhak mendapatkan Onze d’Argent. Dan di posisi berikutnya, perah Onze de Bronze, diberikan kepada Radamel Falcao. Penyerang yang berhasil membawa Atletico menjuarai Europa League 2012 ini mendapatkan 6,10%.

Beberapa nama tersingkir oleh ketiga pemain ini. Sebutkanlah Karim Benzema. Penyerang Real Madrid ini hanya mendapatkan 2,24% suara. Sementara itu, Xavi Hernandez dan Mesut Ozil, duo pengatur serangan Barca dan Madrid, masing-masing mendapatkan 1,38% vote.

Bagi Lionel Messi, kemenangan di Onze d’Or bukan hal baru. King Leo sudah mendapatkannya dua kali, yaitu pada 2009 dan 2011. Dengan raihan tiga gelar Onze d’Or, Messi pun sukses menyetarai Zinedine Zidane dan Michel Platini, presiden UEFA saat ini.

Apakah dengan keberhasilan King Leo mendapatkan Onze d’Or, ini tanda dirinya akan mendapatkan Ballon d’Or? Atau justru sebaliknya, gelar pemain terbaik dunia akan jatuh pada para pemain terbaik lain seperti Cristiano Ronaldo atau Iker Casillas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda