Scroll to Top

Meski Diblokir, China Miliki Jutaan Pengguna Facebook dan Twitter

By Ibnu Azis / Published on Friday, 28 Sep 2012

facebook-ipad

Meski diblokir di China, warga Tirai Bambu tetap eksis di Facebook dan Twitter. Menurut sebuah laporan, China memiliki 63 juta facebooker dan 35 juta tweeps yang aktif nge-tweet di Twitter.

Rupanya larangan bermedia sosial – kecuali produk lokal – di China tidak sekokoh Tembok Raksasa mereka. Tak hanya Facebook dan Twitter, GlobalWebIndex mencatat netizen China cukup aktif di jejaring sosial lain.

Sebut saja Google +, Badoo, LinkedIn, Tumblr, Viadeo, dan lainnya. Dan bahkan untuk Facebook sendiri, pertumbuhannya meningkat hingga 8 juta sejak Juli 2009 silam.

Sedangkan jejaring sosial lokal mereka, Sina Weibo, memiliki 264 juta pengguna atau sekitar 61% populasi internet China. Menurut data, China memiliki 538 juta pengguna online dari total 1,3 miliar penduduk.

Namun demikian data-data ini masih bisa diperdebatkan. Facebook menyatakan jika mereka tidak memiliki pengguna di China pada bulan lalu. Dan dengan tegas mereka bahkan menyatakan tak memiliki niat untuk ekspansi ke China.

Temuan GlobalWebIndex menunjukkan jika pengguna China menggunakan layanan proxy untuk menghubungkan mereka ke server internasional. Terlepas dari data ini, temuan tersebut menunjukkan jika warga China masih mengidamkan Facebook untuk mendarat di negeri tersebut.

Dikutip dri CNET News, Jumat (28/09/12), China memang sangat ketat dalam menyensor internet. Pemerintah khawatir jika media sosial dimanfaatkan warga untuk menggulingkan pemerintahan.

Tatkala Mark Zuckerberg mengunjungi China bersama istrinya beberapa waktu yang lalu, tersiar kabar jika Facebook memiliki sebuah rencana di China. Namun Facebook menampik jika isu tersebut tidak benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda