Scroll to Top

AS Roma Kecam Unsur Bisnis dalam Sepak Bola

By Naqib Najah / Published on Friday, 28 Sep 2012

AS Roma lewat perwakilan pelatihnya, Zdenek Zeman menyayangkan transisi sepak bola yang semakin mengindustri. Pelatih berusia 65 tahun tersebut menganggap sepak bola modern sudah tidak proporsional lagi. Unsur bisnis dan politik lebih berkuasa dari pada nilai olahraga itu sendiri.

Pelatih berkebangsaan Republik Ceko, Zdenek Zeman bukan sosok baru di jagat sepak bola Italia. Karir kepelatihannya sudah bermula sejak tahun 1981 saat membela Palermo. Ia yang sudah banyak makan asam garam kini berbicara kepada media mengenai buruknya sepak bola modern.

Zeman kecewa besar dengan nilai industri yang semakin mendominasi.

“Sekarang sepakbola menjadi semacam lahan bisnis dan politik baru kemudian olahraga dengan porsi yang lebih sedikit. Bisnis menggunakan aturan yang berbeda,” tegas pelatih AS Roma tersebut.

Akibat efek industri, maka setiap pemain dan pelatih sudah menjadi barang barter. Ia siap digunakan dan suatu saat harus bersedia dilengserkan.

“Sepakbola modern didasarkan pada ‘penggunaan dan membuang’, yang merupakan beban berat pada pelatih dan pemain.”

Sekaipun mengkritisi sepak bola modern, ia tidak serta merta mengatakan AS Roma sebagai cermin permainan sepak bola dunia.

“Sebagian besar rekan-rekan saya hanya melihat hasil dari permainan. Mendapatkan hasil seri bisa menyelamatkan pekerjaannya. Fokus menjadi hal yang lebih penting untuk menunjang permainan.”

AS Roma saat ini duduk di posisi keenam klasemen sementara Liga Italia Serie A dengan delapan poin dari lima pertandingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda