Scroll to Top

PSSI Segera Kongres, Djohar Arifin Lengser?

By Aditya / Published on Saturday, 29 Sep 2012

Djohar Arifin Husin

PSSI diwajibkan segera menggelar kongres sebelum tahun 2012 berakhir. Hal itu menjadi salah satu poin yang disepakati dalam rapat kedua Joint Committee (JC) atau Komite Gabungan yang telah digelar di Markas AFC di Malaysia, 20 September 2012 silam. Lantas, apakah kongres yang dimaksud adalah Kongres Luar Biasa (KLB) yang bertujuan untuk melengserkan Djohar Arifin Husin dari kursi Ketua Umum PSSI?

Boleh jadi itulah yang diinginkan oleh kubu KPSI yang selama ini berdiri di seberang PSSI. Hinca Panjaitan yang merupakan anggota Joint Committee dan juga pengurus KPSI, mengisyaratkan bahwa kongres PSSI nanti merupakan KLB.

Mengenai pelengseran Djohar Arifin Husin, Hinca Panjaitan memang tidak menyebutkan secara gamblang. Ia hanya mengatakan bahwa KLB PSSI nanti menjadi ajang untuk merevisi statuta. Yang jelas, KLB PSSI harus segera dilaksanakan.

“KLB mestinya didahulukan karena membahas aturan-aturan dalam statuta. Begitu aturan selesai, baru membahas yang lain dan itu ada pada kongres biasa,” kata Hinca Panjaitan di Jakarta belum lama ini.

Bahkan, Hinca Panjaitan mengusulkan agar digelar dua kongres PSSI. Kongres pertama membahas tentang amandemen statuta, sedangkan kongres kedua dijalankan sesuai dengan statuta baru tersebut. Kedua kongres yang dimaksud oleh Hinca Panjaitan harus terlaksana sebelum akhir tahun 2012.

“Nah, Kongres Luar Biasa ini agendanya merevisi statuta. Dengan begitu, kongres pada Desember (2012) berlandaskan Statuta baru PSSI sesuai surat AFC,” beber Hinca Panjaitan.

Mengenai usulan penyelenggaraan dua kongres itu, Hinca Panjaitan mengaku sudah mengirimkan surat kepada Ketua Joint Committee, Todung Mulya Lubis. Jika surat tersebut tidak digubris, Hinca Panjaitan khawatir PSSI akan kena sanksi dari AFC atau FIFA.

“Kami sudah kirim surat ke Ketua JC tanggal 25 September tentang ini. Terserah mereka mau mempertimbangkannya atau tidak. Yang pasti, masyarakat akan tahu siapa sebenarnya yang salah jika nanti PSSI kena sanksi,” tandasnya.

Kendati belum jelas arah sebenarnya ke mana, namun biasanya KLB menjadi moment untuk melengserkan ketua yang sedang berkuasa. Nah, apakah kongres PSSI di akhir tahun 2012 nanti akan menjadi forum untuk menurunkan Djohar Arifin Husin dari kursi Ketua Umum PSSI? Tentunya hanya PSSI dan KPSI saja yang tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda