Scroll to Top

Semen Padang Resmi Hijrah ke ISL

By Aditya / Published on Saturday, 29 Sep 2012

Semen Padang

PT Liga Indonesia secara resmi menyebut Semen Padang telah hijrah ke kompetisi Indonesia Super League (ISL). Padahal, tim Kabau Sirah merupakan jawara Indonesia Premier League (IPL) musim 2011/2012. Dengan demikian, sudah ada dua tim IPL yang menyeberang ke ISL, yakni Semen Padang dan Persijap Jepara yang telah bergabung sebelumnya.

CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono, mengatakan, pihaknya akan menerima kembalinya Semen Padang dan Persijap Jepara ke ISL, karena kedua klub ini pada awalnya memang berasal dari ISL sebelum PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin menggulirkan IPL (sebelumnya Liga Prima Indonesia atau LPI).

Tak hanya PT Liga Indonesia saja yang menyetujui kembalinya Semen Padang dan Persijap Jepara ke ISL. Ke-18 klub peserta ISL, sebut Joko Driyono, juga telah bersepakat untuk menerima kedua tim tersebut pulang ke ISL.

“Sesuai hasil pertemuan antar manajer ISL pada Kamis malam, prinsipnya 18 klub siap menerima Semen Padang dan Persijap Jepara (kembali ke ISL), karena kedua klub ini sebelumnya memang merupakan anggota ISL,” terang Joko Driyono di Jakarta, Jumat (28/9/2012).

Bergabungnya Semen Padang dan Persijap Jepara ke ISL tentunya membuat PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) selaku pengelola IPL terpukul. Pasalnya, musim 2011/2012 saja IPL hanya diikuti oleh 12 tim peserta, itu pun didominasi oleh klub-klub yang oleh banyak pihak dinilai kurang berkualitas.

Terlebih lagi, masih ada klub IPL yang ingin pindah ke ISL. Yang terbaru adalah Persiba Bantul, tim asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang di IPL musim 2011/2012 menempati peringkat ke-5.

Amburadulnya pengelolaan kompetisi, juga hutang konsorsium yang belum juga ditunaikan, membuat tim berjuluk Laskar Sultan Agung itu ingin hengkang dari IPL. Jika nantinya tim juara Divisi Utama PSSI musim 2010/2011 itu pindah ke ISL, maka IPL musim 2012/2013 hanya diikuti kurang dari 10 tim peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda