Scroll to Top

Nemesis Jadi Mobil Listrik Tercepat di Inggris

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 29 Sep 2012

Nemesis

Tim insinyur di Inggris berhasil membuat sebuah mobil listrik yang mampu menempuh kecepatan rata-rata 148,419 mil per jam atau kurang lebih 238,8 kilometer per jam. Angka ini adalah tercepat untuk laju sebuah kendaraan listrik di Inggris saat ini. Oleh tim, mobil tersebut dinamai Nemesis.

Tim tidak murni dalam mengembangkan Nemesis. Mobil ini adalah hasil modifikasi dari mobil Lotus Exige. Mereka mendapatkannya setelah menang lelang melalui situs e-Bay. Ketika mobil ini dipacu oleh Nick Ponting sebagai pengendara, kecepatan yang didapatkan di luar dugaan bisa menyaingi mobil listri lain yang pernah diujicobakan.

Seperti dikutip BBC, rekor kecepatan tertinggi mobil listrik di Inggris sebelumnya adalah 220 kilometer per jam. Kala itu mobil listrik dikendarai oleh Don Wales. Kecepatan ini gagal dipatahkan oleh anaknya yang bertekad menyaingi rekor ayahnya. Kabar buruknya, mobilnya yang diberi nama Bluebird Electric terjebak di sebuah lubang yang membuat suspensinya rusak.

Ujicoba Nemesis dilakukan di lapangan udara Elvington, York, Inggris Utara. Nemesis dibekali dengan tenaga baterai dan tenaga mesin turbin angin buatan Ecotricity. Rekor kecepatan ini status tinggal menunggu verifikasi dari asosiasi olahraga otomotif. Jika lolos, segera diumumkan secara resmi dan berhak menyandang mobil listrik tercepat di Inggris saat ini.

“Kami mengembangkan Nemesis untuk menghapus anggapan bahwa mobil listrik tidak bisa dipacu cepat,” ujar Dale Vince dari Ecotricity.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda