Scroll to Top

Putus Pertemanan di FB Bisa Memengaruhi Emosional Pengguna

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 29 Sep 2012

Bos Facebook Ngamuk

Sudah menjadi hal yang biasa jika hubungan pertemanan di FB terputus (unfriend). Namun bilamana telah lama bergabung dengan Facebook dan masif beraktivitas di jejaring sosial ini, terputusnya pertemanan bisa mengakibatkan gangguan emosional. Setidaknya ini menurut studi terbaru.

Seorang profesor Universitas Chapman di California Amerika Serikat melakukan studi terhadap respon negatif dan emosional terhadap putusnya hubungan pertemanan di Facebook. Jennifer Bevan, peneliti dibantu beberapa mahasiswanya yang sekaligus sebagai penulis pedamping.

Pengguna (responden) mengaku sakit hati ketika mereka diputuskan hubungan pertemanannya. Menariknya, kebanyakan pemutusan hubungan pertemanan ini terjadi akibat sesuatu yang terjadi di ‘darat’ atau offline. Lantas pertanyaannya kemudian, mengapa harus diputuskan pertemanan jika masalahnya terjadi diluar dunia maya?

“Saya fikir hal tersebut merupakan bukti jika betapa pentingnya identitas Facebook. Avatar digital mengubah cara berhubungan satu sama lain dan mencerminkan interaksi sosial yang ada,” beber Jennifer Bevan seperti dikutip dari Mashable, Sabtu (29/09/12).

Penelitian ini juga mencatat mengapa pengguna men-unfriend pengguna lain di Facebook. Selain posting yang berlebih, tak jarang pengguna Facebook yang memosting konten tidak senonoh dan menyudutkan pengguna lain. Seperti foto-foto sensual dan gambar provokatif.

“Putriku telah men-unfriend pengguna karena dia tidak ingin orang menilai dia negatif didasarkan pada teman-temannya. Jadi ketika dia unfriend seorang gadis yang memposting gambar-gambar seksual provokatif, ini dilakukan untuk alasan yang sangat baik,” ujar Nancy Willard, penulis buku Cyber Savvy: Embracing Digital Safety and Civility pada Mashable.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda