Scroll to Top

Tips Mencari Kerja Lewat Twitter

By Melissa / Published on Monday, 08 Aug 2011

Dapatkah calon pegawai atau pun fresh graduate menggunakan Twitter untuk menentukan karirnya?

Twitter memang tidak seformal LinkedIn dan mungkin sulit untuk selalu menjaga citra diri di Twitter. Tapi tentunya ada hal lain di Twitter yang bisa dimanfaatkan para calon pegawai untuk mengembangkan karir mereka.

Dikutip dari TwiTip, berikut ini adalah tips menggunakan Twitter untuk menyambut karir baru:

  1. Mulailah mencari dan mem-follow berbagai akun yang sering menginformasikan mengenai lowongan kerja. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai magang atau  posisi kosong yang sesuai dengan minat Anda.
  2. Cari dan follow akun yang dimiliki oleh perusahaan incaran Anda beserta orang-orang penting di dalam perusahaan tersebut. Dari sini Anda bisa mendapatkan berbagai informasi terbaru mengenai perusahaan dan bisnis mereka. Bukan tidak mungkin jika suatu saat mereka membuka lowongan dan mengumumkannya melalui Twitter.
  3. Perhatikan setiap tweet Anda. Jangan sembarangan menulis tweet yang mungkin akan merusak kredibilitas Anda. Cobalah untuk membuatnya tampak profesional, misalnya dengan membagi artikel yang menurut Anda menarik dan sertakan opini Anda tentang artikel itu.
  4. Retweet tweet yang menarik dari para profesional yang Anda follow. Jangan lupa tambahkan komentar cerdas mengenai tweet mereka. Jagalah interaksi Anda dengan mereka supaya tetap terlihat profesional sehingga Anda dapat membuat hubungan yang nyata dengan mereka.
  5. Pasang mata baik-baik untuk setiap tweet yang berisi lowongan kerja atau magang. Jangan malu bertanya kepada para profesional (melalui direct message) untuk meminta saran bagaimana cara mengontak perusahaan yang Anda minati. Hampir semua orang mau membantu Anda, terutama jika Anda terlihat serius dalam meminta bantuan mereka.

Dengan keberadaan Twitter sebagai salah satu media yang banyak dipakai oleh para profesional dan pebisnis, Anda dapat memanfaatkan berbagai potensi yang dimiliki Twitter sebagai sarana pengembangan karir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda