Scroll to Top

Hujan Bintang: Pemandangan Meteor Jatuh Akan Terlihat Senin 1 Oktober 2012?

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 30 Sep 2012

Hujan Bintang

Pemandangan meteor jatuh secara masif atau ‘hukan meteor’ diprediksikan akan terlihat pada Senin, 1 Oktober 2012. Fenomena alam ini juga disebut sebagai ‘hujan bintang’. Kemungkinan, hujan bintang akan terlihat di seluruh kawasan Indonesia.

Ingin menyaksikan hujan bintang? Jangan lupa untuk melihatnya langsung pada Senin, 1 Oktober 2012. Kabar istimewa ini tercetus dari pengamatan tim mahasiswa pengamat astronomi Indonesia yang terlibat dalam science camp, pada Sabtu, 29 September 2012 di Ciawi Bogor. Dalam pengamatan tersebut, diprediksikan bahwa pada 1 Oktober nanti, kita akan melihat meteor berjatuhan dengan intensitas tinggi. Inilah yang disebut dengan hujan meteor atau hujan bintang.

Hujan meteor sendiri pada umumnya terjadi karena pertemuan lintasan bumi (atau planet lain) dengan orbit sebuah komet. Ketika melalui orbit komet tersebut, serpihan-serpihan komet tadi (atau serpihan benda angkasa) yang disebut meteoroid, memasuki atmosfer bumi dengan kecepatan tinggi. Sebenarnya, banyak benda langit yang melesak masuk atmosfer bumi. Namun, kala berada di titik inilah, intensitas meteoroid yang menghujani bumi lebih banyak.

Ketika sebuah meteoroid tampak oleh mata telanjang, ia disebut meteor. Nah, meteor inilah yang kita lihat dalam hujan meteor; sekian meteor bagaikan tercurah dari satu titik, layaknya hujan.

Hujan meteor sendiri bukan sesuatu yang membahayakan manusia. Karena meteor yang menembus masuk atmosfer sudah terhancurkan. Kebanyakan meteor lebih kecil daripada debu; sehingga lenyap dan tak benar-benar menghantam bumi. Hujan meteor juga tidak perlu dikaitkan dengan mitos tertentu, entah berupa malapetaka atau keberuntungan.

Satu yang perlu diperhatikan. Untuk melihat hujan meteor atau hujan bintang ini, seseorang harus berada di tempat luas yang tak terhalang apa pun, seperti gedung atau pepohonan. Selain itu, cuaca harus cerah. Jadi, bersiap menyaksikan hujan meteor?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda