Scroll to Top

Merda Artinya Adalah …

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 01 Oct 2012

Merda

Seringkali para penggemar Liga Italia (terutama Serie-A) menggunakan kata ‘merda’ untuk mencela atau memperolok klub rival tim kesayangannya. Semisal, seorang Juventini (penggemar Juventus) terhadap Internazionale, atau sebaliknya. Padahal, kata ‘merda’ sendiri berarti negatif.

Kadang-kadang, seseorang merasa nyaman menggunakan kalimat dari bahasa asing yang terdengar keren di telinga. Hanya karena keren itulah kita secara masif menggunakannya, meski penggunaannya keliru; atau bahkan kata-kata tadi berkonotasi negatif. Kita sering mendengar, anggota DPR atau orang-orang elite menggunakan istilah-istilah asing yang salah kaprah. Namun, mereka —atau bahkan termasuk kita— santai saja menggunakan istilah tadi tanpa beban berarti.

Demikian pula dengan kata ‘merda’ dalam bahasa Italia. Mereka yang menggemari Liga Italia tentu sering mendengar kata ini. Apalagi ketika seorang fans klub tertentu menyebut rival klubnya. Sebutkanlah semisal dua klub ibukota, Roma dan Lazio. Di kalangan Romanisti, akan mudah ditemui ucapan “Lazio Merda” dan demikian pula sebaliknya. Laziale juga akan berkata, “Roma Merda”. Padahal ucapan ini sama sekali tak patut.

Sekilas, ucapan “merda” mungkin hanya akan dianggap makian. Diduga sepadan dengan kata “shit” “sialan”, dan seterusnya. Namun, sesungguhnya merda bermakna “kotoran” dalam bahasa Indonesia. Jika tidak percaya, silakan ketik kata “merda’ ini dalam penelusuran gambar google.

Penggunaan kata “merda” sendiri ditujukan pada sesuatu yang dianggap menjijikkan. Rivalitas sengit dengan klub lain inilah yang membuat kata “merda” tercetus. Sesuatu yang semestinya tidak perlu dilakukan oleh fans sepakbola Italia di Indonesia karena kita memiliki kultur yang berbeda dengan Italia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda