Scroll to Top

Firefox 18 Janjikan Kecepatan Melebihi Chrome

By Ditya / Published on Monday, 01 Oct 2012

Chrome vs Firefox

Mozilla saat ini sedang menggodok browser Firefox 18 yang diklaim mampu mengalahkan browser Google Chrome dari segi kecepatan. Meski demikian, rilis Firefox 18 sendiri masih cukup lama, mengingat saat ini silis stabilnya baru mencapai versi 15.0.1.

Mark Cote dari Mozilla mengatakan bahwa saat ini pengmbangan browser Firefox yang menggunakan mesin JavaScript IonMonkey JIT yang diklaim mampu meningkatkan kecepatan eksekusi JavaScript secara signifikan.

Meski pernyataan Mark Cote ini bukan pernyataan resmi dari Mozilla, namun ia mengatakan bahwa browser Firefox 18 kini lebih cepat 16 persen dari Chrome menggunakan pengukuran melalui perangkat lunak Kraken besutan Mozilla.

Pada pengujian menggunakan perangkat lunak Sunspider, Firefox masih tetap selangkah dibelakang Chrome yang mengusung mesin JavaScript yang bernama V8. Meski demikian, IonMonkey pada Firefox terus menunjukan peningkatan performa sejak awal rilis hingga sekarang.

Kecepatan eksekusi JavaScript sendiri saat ini cukup menuntukan kecepatan sebuah browser untuk mengakses sebuah web, karena hampir semua website saat ini telah menggunakan JavaScript melalui berbagai plug-in atau framework seperti JQuery.

Seperti yang dilansir dari Tomshardware (30/09/2012), Google sendiri saat ini sedang membangun sebuah browser yang merupakan penerus Chrome atau mungkin versi baru dari Chrome yang bernama Google Octane.

Mozilla sendiri berpendapat bahwa saat ini belum relevan membandingkan dengan Google Octane, mengingat Octane dinilai masih banyak kelemahan sehingga Mozilla masih menggunakan Chrome rilis stabil terbaru sebagai acuan.

“Octane merupakan acuan baru yang menarik, namum memiliki beberapa masalah, memang mengandung ide-ide yang. Kita harus selalu menyadari keterbatasan dari setiap patokan tunggal, terutama ketika patokan tunggal mengklaim mewakili seluruh web modern,” kata Alon Zakai dari Mozilla.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda