Scroll to Top

Review Samsung Galaxy Tab 10.1

By Moch Ridwan / Published on Tuesday, 09 Aug 2011

Samsung Galaxy Tab10

Galaxy Tab 10.1 adalah gadget yang paling mirip dengan iPad, bahkan bisa dikatakan sebagai pesaing utama iPad 2. Saat semua vendor mulai memikirkan bagaimana mencari cara yang ‘out of the box’, Samsung malah hadir dengan desain yang mirip iPad dan menjadi Android ‘Honeycomb’ yang terbaik dipasaran, siapa yang akan menyangka?

Galaxy Tab 10.1 lebih ringan dari iPad 2 dengan berat hanya 545 gram dan yang lebih baik lagi lebih tipis, terima kasih Samsung untuk dimensi yang gemilang ini yang memberikan kemudahan menggenggam dan memainkannya. Alih-alih memasang USB slot, atau media card Samsung malah meniadakan menu ini sehingga berdampak pada dimensi gadget itu sendiri. Untuk konektifitas Samsung mengganti dengan ‘high bandwidth Bluetooth 3.0′ serta suport Wifi 802.11 (a/b/g/n).

Tombol hardware yang ada dalam alat ini hanyalah tombol on/off dan volume dan tombol lainnya bisa dinavigasikan melalui interface layar yang sangat responsif.

Belum lagi layarnya yang berukuran 10.1 inchi 720 HD yang terasa lebih terang dibandingkan kompetitornya, tapi bukan ukuran yang penting disini akan tetapi pemutaran multimedia yang terlihat sangat jelas dilihat dari sudut pandang amana saja, dan ini menjadi layar ponsel yang paling cerah yang pernah dilihat.

Untuk masalah Fitur, Samsung Galaxy Tab 10.1 dilengkapi dengan Social Hub yang dapat mengatur dan mensinkronkan akun jejaring sosial yang kita miliki, serta sudah dibenamkan Microsoft Exchange ActiveSync. Gadget ini juga dilengkap dengan e-reader dan Music Hub sebagai saingan dari iTunes yang dimiliki Apple.

Untuk prosesornya Anda akan mendapatkan 1Ghz dual-core ARM Cortex A9 yang dikombinasikan dengan NVIDIA Tegra 2 yang membuatnya melaju tinggi dalam aplikasi grafis yang intensif seperti aplikasi game HD , Galaxy on Fire 2 tanpa membuat gadget ini ngos-ngosan. Fitur lainnya termasuk memori berkapasitas 1 GB, kamera 3 MP belakang dan 2 MP bagian depan yang membuat sangat cocok untuk aplikasi Gtalk. Kamera bagian belakangnya bisa dipakai untuk membuat video 720 HD dan 1080 HD dengan sangat baik.

Satu-satunya penghubung yang ada di Samsung Galaxy Tab 10.1 adalah dock connector yang bisa dipakai untuk USB port serta colokan untuk charger. Pengisian terasa lebih lambat dibutuhkan sekitar empat jam untuk kembali ke performa semula.

Walau tak sesempurna pesaingnya dalam hal variasi applikasi dan tak seelusif iPad 2, namun Samsung Galaxy Tab 10.1 masih menjadi salah satu Android tablet yang terbaik jika dibandingkan dengan merk-merk lain dipasaran, terutama jika Anda mengincar untuk membeli iPad 2. Jika Anda ingin membelinya, Anda harus bersabar sebab gadget ini akan diluncurkan pertengahan Agustus ini dan dibandrol seharga 399 pounds.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda