Scroll to Top

Jangan Tahan Pipis Terlalu Lama! Bisa Infeksi Saluran Kemih

By C Novita / Published on Monday, 01 Oct 2012

tahan pipis

Infeksi saluran kemih lebih akrab di telinga masyarakat umum dengan ‘anyang-anyangan’. Infeksi ini salah satu penyebabnya adalah menahan pipis atau buang air kecil terlalu lama dan sering.

Kelihatannya memang tak terlalu serius, namun ternyata infeksi saluran kemih dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius misalnya kanker.

Ini karena adanya bakteri yang mendiami saluran kemih dan berkembang biak di sana. Umumnya resiko lebih besar terkena penyakit ini adalah wanita, dibanding pria.

Berikut ini tips menghindarkan penyakit infeksi saluran kemih, seperti dikutip dari wolipop;

  • 1. Minum air putih. Dengan banyak minum air putih, antara 8-10 gelas per hari, maka proses urinasi dapat berlangsung dengan lancar dan bakteri yang menumpuk di saluran kemih dapat dikeluarkan.
  • 2. Buang air kecil jangan ditunda. Jika telah terasa ingin buang air kecil, maka segeralah tuntaskan. Jangan tunda-tunda apalagi sampai waktu yang lama. Termasuk seusai melakukan hubungan suami istri. Manfaatnya, Anda dapat memperkecil resiko penularan penyakit kelamin dan infeksi saluran kemih.
  • 3. Jangan sembarangan pipis di toilet umum. Usakan untuk memilih toilet yang bersih, toilet jongkok lebih baik dari pada toilet duduk. Ini menghindarkan Anda dari kuman yang menempel di toilet.
  • 4. Bersihkan Miss V. Jangan ragu untuk selalu membersihkan miss V usai buang air kecil, dan lakukan dengan benar yaitu dari depan ke belakang. Gunakan celana dalam dari bahan yang menyerap air dan keringat, misalnya katun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda