Scroll to Top

PSSI Hukum Pemain yang 3 Kali Tolak Timnas Indonesia

By Aditya / Published on Tuesday, 02 Oct 2012

Timnas Indonesia Bambang Pamungkas ISL

PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin kembali menegaskan akan memberi hukuman kepada para pemain, baik dari Indonesia Super League (ISL) maupun Indonesia Premier League (IPL), yang menolak dipanggil ke Timnas Indonesia asuhan Nil Maizar. Sanksi tersebut dijatuhkan apabila ada pemain yang membangkang panggilan PSSI ke timnas sebanyak tiga kali.

Sekretaris Jenderal PSSI, Halim Mahfudz, menyatakan bahwa pengelolaan Timnas Indonesia tetap berada di bawah kendali PSSI, bukan dikelola Joint Committee (JC) seperti yang diinginkan KPSI dan klub-klub ISL.

Oleh karena itu, Halim Mahfudz menghimbau agar semua pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia memenuhi panggilan PSSI. Jika menolak pada pemanggilan pertama dan kedua, PSSI masih hanya memberi peringatan. Namun, jika masih membangkang juga untuk ketigakalinya, maka PSSI tidak akan segan-segan menjatuhkan sanksi.

Selain itu, hukuman yang bakal dijatuhkan PSSI pun tidak hanya berlaku bagi pemain yang bersangkutan, melainkan juga akan diterapkan kepada klub-klub yang tidak mengizinkan pemainnya bergabung dengan Timnas Indonesia/

“Timnas tetap di bawah naungan PSSI, bukan Joint Committee. Jadi, para pemain harusnya mau main di timnas,” tandas Halim Mahfudz di Jakarta, Senin (1/10/2012).

”Jika pada pemanggilan pertama dan kedua ada pemain yang menolak, akan diberi peringatan. Tiga kali menolak, pemain akan kami beri sanksi. Hal itu juga berlaku untuk klub yang menghalangi pemain untuk ke timnas,” imbuhnya.

Untuk menghindari salah pengertian mengenai penjatuhan sanksi bagi para pemain dan klub yang menolak menuruti keinginan PSSI terkait pemanggilan ke Timnas Indonesia, Halim Mahfudz mengaku akan berkoordinasi dengan FIFA dan AFC.

“Ya, kami juga mengirim surat pemanggilan pemain ke FIFA dan AFC. Kami ingin, FIFA dan AFC mengetahui hal ini sejak awal. Jadi, tak ada kesalahpahaman nantinya jika ada proses pemberian sanksi kepada pemain yang menolak panggilan timnas,” ujar Halim Mahfudz.

Mengenai pelatih, hingga saat ini PSSI memang belum menggelar rapat untuk menentukan siapa yang bakal menukangi Timnas Indonesia yang akan diterjunkan ke AFF Cup 2012. Kemungkinan besar, Nil Maizar masih akan memimpin skuat Merah-Putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda