Scroll to Top

Semen Padang Atau Sriwijaya FC Yang Tampil Di Liga Champions Asia?

By Agus Prasetyo / Published on Tuesday, 02 Oct 2012

AFC PSSI

Sebagai juara Indonesian Premier League (IPL) musim lalu, sebenarnya Semen Padang memiliki kesempatan untuk mewakili Indonesia berlaga di Liga Champions Asia.

Namun sepertinya keinginan Semen Padang untuk berlaga di Liga Champion Asia tidak semudah membalikan telapak tangan, lantas kenapa hal itu bisa terjadi?

Pertama adalah langkah berani Semen Padang yang berniat untuk pindah dari kompetisi IPL ke ISL. Setidaknya hal tersebut membuka luka baru bagi pengelola IPL dan PSSI sebagai pelindung kompetisi tersebut.

Kedua, ternyata untuk bisa berlaga di LCA sebuah tim tidak hanya mengandalkan status juara saja, tetapi juga harus memenuhi standar AFC. Dalam hal ini berarti Semen Padang harus memenuhi standar yang ditetapkan AFC.

Menurut keterangan yang beredar, sebenarnya sudah sejak jauh hari AFC menyiapkan draft regulasi baru terkait kelayakan sebuah klub untuk tampil di level Asia.

Dengan demikian saat ini tidak hanya terpancang pada status juara sebuah liga profesional di suatu negara saja, melainkan juga harus memenuhi standar dengan skor minimal 600.

Ketiga dengan diakuinya ISL sebagai bagian dari PSSI, maka peluang Sriwijaya FC sebagai jawara ISL juga memiliki peluang yang sama untuk berlaga di Liga Champions Asia.

Apalagi menurut keterangan CEO PT Liga Prima Indonesia Sportindo, Widjajanto menegaskan bahwa jatah penentuan siapakah yang akan mewakili Indonesia ke Liga Champions Asia sepenuhnya menjadi kewenangan AFC.

“ISL dan IPL saat ini memang sudah seperti anak kandung PSSI. Satu indung telur dan tidak ada yang anak tiri. Tapi kalau ke LCA, itu ditentukan AFC melalui licensing dan scoring” jelas Widja.

Lantas siapakah yang nantinya berhak mewakili Indonesia di Liga Champions Asia? Patut untuk ditunggu kelanjutannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda