Scroll to Top

PSSI Ingin Bawa Timnas Indonesia Sea Games Ke Barcelona 5 Bulan

By Agus Prasetyo / Published on Tuesday, 02 Oct 2012

Lionel Messi david Villa

Sepertinya PSSI telah mempersiapkan rencana serius bagi Timnas sepakbola Sea Games. Salah satu rencana besar yang akan diusung adalah membawa Garuda muda itu untuk berlatih di Barcelona selama 5 bulan.

Target medali emas bagi Tim Nasional Indonesia U-23 di ajang SEA Games Myanmar 2013, sepertinya adalah harga mati bagi pasukan Aji Santoso.

Alhasil, rencananya para pemain Timnas Indonesia U-23 tersebut akan diproyeksikan menimba ilmu di La Masia yang merupakan akademi sepak bola milik Barcelona.

Rencana ini juga dibenarkan oleh Koordinator Timnas Bob Hippy. Menurutnya, dengan langkah ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif guna mengembalikan kejayaan sepakbola Indonesia di dunia internasional.

Jika tidak ada perubahan, rencana TC Timnas U-23 di La Masia akan dimulai pada Mei 2013. Serangkaian uji coba Timnas pun telah disiapkan.

Semisal menghadapi Tim Spanyol U-23  pada 17 Agustus 2013. Selain itu klub-klub lokal juga diproyeksikan menghadapi Timnas Indonesia U-23.

Diantaranya adalah Arsenal Reverse (31 agustus 2013), Barca B (7 September 2013), Hungaria (14 September 2013), Real Madrid Castilla (5 Oktober 2013) dan Spanyol B (19 Oktober 2013).

Selain itu Timnas U-23 juga rencananya akan menjadi sebuah klub yang berbasis di Solo, Jawa Tengah dan mengikuti liga.

Selama mengikuti liga, Timnas U-23 akan mendapatkan supervisi dari Direktur Teknik dan asisten pelatih dari Barcelona.

Bob Hippy juga menjelaskan bahwa selama menjalani TC di Spanyol, Timnas U-23 dan staff tidak hanya berlatih sepak bola melainkan mengikuti program pengayaan seperti belajar bahasa Spanyol, mengelola budaya Spanyol melalui kegiatan outing, bike tour Barcelona, dan team bonding di pantai.

Timnas U-23 juga akan tinggal di dalam satu asrama dan belajar hidup mandiri serta sehat.

Para pemain dituntut bertanggung jawab untuk mencuci baju sendiri, menggunakan waktu luang dengan baik, dan bersosialisasi dengan penghuni asrama lainnya.

Alasan Bob Hippy memilih La Masia sebagai tempat pemusatan latihan adalah karena terbukti mereka mempunyai pembinaan yang bagus untuk generasi penerus klub.

Lantas apakah rencana yang digagas PSSI ini akan tereralisasi tahun depan? Kita tunggu bersama kelanjutannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda