Scroll to Top

Xi3, Komputer Modular Unik Muncul di Kickstarter

By Ditya / Published on Tuesday, 02 Oct 2012

Komputer Xi3

Sebuah komputer yang mengusung konsep modular yang unik bernama Xi3 ini muncl di situs crowdsourcing Kickstarter. Komputer Xi3 ini berukuran sangat kecil, kurang lebih sebesar buah apel.

Konsep komputer modular ini akan sangat menarik bagi hardware mania yang biasanya sering melakukan modding komputer, karena pengguna akan diberi kemudahan untuk melakukan upgrade atau mengganti komponen sesuai selera.

Komputer Xi3 ini berukuran sangat keci, yaitu 4,27 x 3,65 x 3,65 inci. Proyek komputer modular Xi3 saat ini hanya memiliki 27 pendukung saja. Meski demikian, proyek ini mampu mengumpulkan dana USD $17.139, sedangkan dana yang dibutuhkan adalah USD $250.000.

Komputer Xi3 ini mengadopsi konsep tri-board yang telah dipatenkan sebagai pengganti motherboard pada komputer konvensional.

Salah satu komputer dengan konsep Xi3 ini telah tersedia dijual di situs Newegg yang mengusung prosesor dengan kecepatan 1,8GHz dual-core 64bit yang didukung memori RAM sebesar 2GB yang dapat dilengkapi dengan hardisk atau SSD dengak kapasitas 16GB hingga 1TB.

Komputer Xi3 ini juga termasuk hemat daya, karena konsumsi daya diklaim hanya 20W saja. Sedangkan Xi3 yang ditawarkan di situs Kickstarter mengusung prosesor 1,65 GHz dengan dukungan memori RAM 4GB dan ruang penyimpanan berupa SSD 32GB.

Sedangakan versi paling tinggi dari Xi3, yaitu X7A mengusung prosesor quad-core berbasis x86 yang bejalan dengan kecapatan 3,2GHz 64 bit. X7A dibekali memori RAM sebesar 8GB yang mampu mendukung 3 buah layar definisi tinggi. X7A ini dibandrol dengan harga USD $1103 atau sekitar Rp. 11 jutaan.

Seperti yang dilansir dari TGdaily (01/10/2012), kehadiran proyek komputer modular yang berukuran mini seperi Xi3 ini sangat menarik bagi para penggemar hardware.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda