Scroll to Top

Setelah Iran, FB dan Youtube kini diblokir di India

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 02 Oct 2012

Facebook Blokir

India menyusul Iran dalam menerapkan kebijakan untuk memblokir situs-situs tertentu. Dan wilayah India yang terkena pemblokiran tersebut adalah Kashmir. Dengan demikian Facebook dan Youtube tidak bisa dinikmati di kota tersebut.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, tak hanya Facebook dan Youtube, Iran bahkan memblokir Google. Kebijakan ini dilakukan sebagai akibat kerusuhan umat bergama yang dipicu dari film pendek yang diunggah di Youtube.

Situs Greater Khasmir menulis jika perusahaan penyedia layanan internet (ISP) telah memblokir beberapa situs jejaring sosial terkemuka di Kashmir, termasuk Facebook dan Youtube tanpa arahan resmi pemerintah negara bagian.

Dan bahkan jika kebijakan tersebut belum cukup, maka akses GPRS (internet mobile) juga akan diblokir. Situs IBN-Live menulis jika perintah ini dikeluarkan oleh State Home Department India menurut pasal 5 ayat 2 India Telegraph Act 1885.

Menurut UU tersebut bilamana terkait dengan keselamatan publik, jika diperlukan seluruh domain yang ada bisa diblokir oleh penyedia layanan. Pemerintah India mengatakan pemantauan internet di Kashmir adalah suatu keharusan untuk memastikan propaganda anti India tidak menyebar di wilayah yang telah stabil.

Propaganda yang dimaksud tentu saja protes dan kekerasan akibat film anti Islam yang saat ini sedang memicu kemarahan umat muslim di seluruh dunia. Bulan lalu, Facebook dan Youtube pernah pula digunakan oleh netizen Kashmir dalam menyoroti kekerasan polisi.

Pada bulan September misalnya, pemerintah memblokir sebuah video yang menunjukkan pria Kashmir yang dipermalukan dan ditenlanjangi oleh seorang polisi. Kala itu video tersebut tersebar viral di seluruh dunia dan membuat muka kepolisian Kashmir tercoreng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda