Scroll to Top

Joko Driyono Tegaskan ISL Tidak Berubah Nama!

By Agus Prasetyo / Published on Tuesday, 02 Oct 2012

Setelah PSSI dan KPSI melalui Joint Committee melakukan rapat II di Malaysia, keputusan tentang format kompetisi sedikit demi sedikit terkuak. Diantaranya adalah penyatuan 2 kompetisi (ISL dan IPL) yang sepertinya baru akan terrealisasi pada tahun 2014 mendatang.

Hal senada juga dijelaskan oleh CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono. Dikarenakan belum ada kesepakatan penyatuan liga untuk tahun 2013, maka Joko menyatakan bahwa tidak akan ada perubahan nama kompetisi Indonesia Super League (ISL) pada musim 2013.

Pernyataan Joko tersebut sebenarnya tidak bertentangan jika dikaitkan dengan hasil keputusan Joint Committee yang disepakati antara PSSI dan KPSI pada 20 September 2012.

Pasalnya dalam pertemuan tersebut, disepakati bahwa dua liga yang ada saat ini tetap akan berjalan pada musim 2013 sebagaimana musim lalu.

Adapun penyelenggaraan Indonesian Premier League (IPL) dan Indonesian Super League (ISL) akan berlangsung terpisah, tetapi tetap berada di bawah yurisdiksi PSSI sebagai federasi sepak bola yang sah di Indonesia dan diakui FIFA.

Namun AFC memberikan saran agar sebaiknya dilakukan perubahan nama dari kedua liga tersebut, sehingga tidak ada lagi nama IPL dan ISL pada musim 2013.

Hanya saja Joko menjelaskan, bahwa perubahan nama liga bukan merupakan keputusan yang mengikat. Dengan kata lain perubahan nama itu hanya sebatas usulan atau opini.

Dan berkaitan dengan penyelenggaraan ISL musim depan, kemungkinan besar akan diikuti oleh 20 klub.

ISL sendiri rencananya akan mulai bergulir setelah kongres PSSI yang jika tidak ada perubahan akan digelar pada akhir tahun 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda