Scroll to Top

Lionel Messi Punya Julukan Baru, Mr. Assist

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 03 Oct 2012

Lionel Messi

Barcelona menang, Lionel Messi mencetak gol. Dalam tiga pertandingan terakhir, hal tersebut tak berlaku. Tanpa memaksakan King Leo sebagai juru tembak, Barca tetap subur. Dan yang paling penting, Lionel Messi memasuki babak baru dalam karier sepakbolanya: kemampuannya mengatur permainan yang makin mumpuni. Empat assist disodorkan dalam dua laga terakhir. Julukan baru untuknya, “Mr. Assist.”

“Tak mencetak gol? Saya tak khawatir tentang mencetak gol. Hal tersebut bukanlah tujuan pertandingan. Tujuan kami adalah memenangi laga,” demikian ucapan Lionel Messi setelah Barcelona menumpas perlawanan sengit Benfica 0-2. King Leo tak membobol gawang lawan, tapi siapa pun semakin ketakutan dengan pergerakannya di lapangan. Dialah raja assist baru bagi Barcelona.

Dalam empat tahun terakhir, Barcelona adalah Lionel Messi. Keberanian Pep Guardiola memanfaatkan akurasi tembakan King Leo yang begitu tinggi, terbukti dengan ketajaman sang mesiah. Gol demi gol lahir. Musim lalu, 73 gol dikemasnya hanya dalam 60 pertandingan.

Namun, di sisi lain, kala Messi dimatikan, Barca hilang kendali. Mereka tak punya alternatif pencetak gol karena bola selalu dipasok pada King Leo. Hasilnya, seringkali kegagalan Messi membobol gawang lawan berarti kekalahan Barcelona.

Lionel Messi 2

Dalam tiga pertandingan terakhir, semua itu berubah. Barcelona mencetak 7 gol dan tak ada satu pun yang dimiliki King Leo. Barcelona menang tiga kali, dan Messi menikmati posisi barunya: bergerilya dari tengah lapangan, membongkar pertahanan musuh dengan visi bermainnya yang andal, dan menyodorkan assist demi assist.

Saat Barca menekuk Sevilla 2-3, Messi menyumbang 2 assist dan pagi ini pun demikian. Ia tak mungkin dihentikan kecuali dengan tackle-tackle kotor dan betapa jitunya Tito Vilanova yang bisa menyelesaikan ketergantungan Barca pada Messi dengan gaya baru King Leo.

Sepanjang kariernya sendiri, Messi tak tabu urusan assist. Musim lalu ia memberikan 29 assist kepada rekan-rekannya, setara dengan 0,48 assist per pertandingan. Musim ini, angka ini sedikit melonjak jadi 0,5 assist/ laga. Dan pada musim ini, Tito Vilanova bisa memanfaatkan ‘dua’ Lionel Messi. Satu King Leo sebagai raja gol, dan satu lagi sebagai mesin assist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda