Scroll to Top

PSSI Pertemukan Pengelola IPL dan ISL

By Aditya / Published on Wednesday, 03 Oct 2012

IPL dan ISL

Komite Eksekutif (Exco) pimpinan Djohar Arifin Husin berencana akan mempertemukan dua regulator kompetisi di Indonesia, yakni PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) sebagai pengelola Indonesia Premier League (IPL) dan PT Liga Indonesia selaku pihak yang mengelola Indonesia Super League (ISL). Hal itu disampaikan oleh Sekjen PSSI, Halim Mahfudz.

Menurut Halim Mahfudz, pemanggilan kedua belah pihak sangat diperlukan demi terwujudnya penyatuan kompetisi seperti yang diamanatkan dalam rapat kedua Joint Committee (JC) atau Komite Gabungan di Markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia, pada 20 September 2012 silam.

Seperti yang diketahui, salah satu hasil rapat kedua Joint Committee menyebutkan bahwa untuk musim 2012/2013, kedua kompetisi, yakni IPL dan ISL masih berjalan masing-masing. Nah, di musim berikutnya, dua liga ini akan dilebur menjadi kompetisi baru.

Rencananya, PSSI akan memanggil kedua belah pihak pada Kamis (4/10/2012) mendatang. Halim Mahfudz menilai pertemuan ini sangat penting demi terciptanya iklim kompetisi di Indonesia yang lebih baik.

“Pemanggilan ini dilakukan untuk membahas masalah teknis termasuk kapan kedua kompetisi ini akan dimulai,” terang Halim Mahfudz di Jakarta belum lama ini.

Sejauh ini, masih terdapat perbedaan pendapat antara PSSI dan KPSI terkait beberapa poin kesepakatan rapat kedua Joint Committee, seperti perkara pengelolaan Timnas Indonesia dan penyatuan kompetisi.

“PSSI mengusulkan satu kompetisi bergulir mulai musim 2014, tapi pihak KPSI mengusulkan musim 2015,” ungkap Halim Mahfudz.

Belum lagi dengan menyeberangnya sejumlah klub IPL ke ISL, seperti Semen Padang, Persijap Jepara, dan kemungkinan Persiba Bantul, membuat pemetaan mekanisme IPL musim depan agak kacau.

Dengan ditinggalkan 2 klubnya, praktis IPL musim 2012/2013 hanya diikuti oleh 16 klub. Sebaliknya, ISL musim depan kemungkinan besar akan melibatkan 20 klub dari yang semula 18 klub.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda