Scroll to Top

10 Hal Yang Terucap Sebelum Anda Sadar Kecanduan Facebook

By Aisyah Indarsari / Published on Tuesday, 09 Aug 2011

Anda masih berkelit kalau Anda tidak kecanduan sosial media, atau lebih spesifiknya Facebook? Coba perhatikan kata-kata yang mungkin pernah atau sering Anda ucapkan. Jika salah satunya ada didalam daftar berikut seperti yang dikutip dari Socialtimes, maka sebentar lagi Anda akan benar-benar kecanduan Facebook:

1. “Aku ngga kecanduan FB kok!”

Fase awal dari sebuah ketergantungan atau kecanduan adalah penolakan. Maksudnya menolak tuduhan yang dialamatkan padanya. Jika akhir-akhir ini ada teman yang menuduh Anda kecanduan Facebook, dan Anda berkelit mengatakan tidak, coba resapi dulu. Siapa tahu teman Anda benar.

2. “Ini dia! Foto ini akan jadi foto profilku besok!”

Facebook memang bertendensi membuat penggunanya menjadi narsis. Tidak salah jika Anda selalu memilih foto terbaik Anda untuk menjadi profil picture Facebook Anda. Agar semua teman-teman Anda kagum pada Anda, bukan?!

3. “Sebentar, aku ngga bisa ninggalin komputer dulu, aku harus cari ada ngga yang nge-tag aku di foto tadi malam”

Merasa berfoto dengan pose menarik semalam, dan teman Anda menjanjikan akan meng-upload nya di Facebook? Anda pasti penasaran menunggu untuk di tag. Yah, inilah tanda-tanda awalnya.

4. “Facebook ternyata berpengaruh besar pada peradaban dunia lho kalau dipikir-pikir!”

Tiba-tiba Anda menjadi pengamat sosial dengan berkomentar seperti itu. Memang benar Facebook sudah meresap hingga ke lubuk sanubari seluruh lapisan masyarakat. Itu kan yang ada di pikiran Anda?

5. “Yes!! 2000 teman!!”

Selain narsis, haus popularitas pula. Itulah dunia Facebook. Dengan mendapatkan teman sebanyak-banyaknya, ini membuktikan bahwa Anda cukup populer dikalangan komunitas Anda. Mungkin di dunia nyata Anda tidak akan sepopuler di platform jejaring sosial ini, kan?!

6. “Si David kasih like ke komen nya Putri di wall nya Desi lho!”

Interaksi di kehidupan nyata Anda masih tidak jauhjauh dari aktivitas ber Facebook ria. Mungkin Anda sebaiknya segera sadar, ada banyak issue yang lebih penting diluar sana jika dibandingkan hanya mengomentari status seseorang di Facebook.

7. “Aku tadinya mau beli 50 koin FrontierVille, tapi kalau kamu beli 2000, aku juga deh!”

Yang tidak ketinggalan adalah demam game sosial. Dari sederetan game-game terbaik di Facebook, Anda adalah salah satu penggemar terberatnya. Bahkan Anda masih mendiskusikannya di luar forum. Hebat!

8. “Aku ngga mau main FB lagi ah!” atau “Aku sebel ama Facebook!”

Pada kenyataannya, Anda tidak akan pernah meninggalkan Facebook. Dan Anda tidak mau keluar dari Facebook. Karena Anda sangat tergantung padanya.

9. Ngga usah kirim lewat email, kirim aja message di FB ku!”

Anda lebih eksis di jejaring sosial satu ini dibandingkan meluangkan waktu untuk mengecek email Anda sendiri. Memang lebih menyenangkan berinteraksi di Facebook bukan, bersosialisasi bisa, memantau message yang masuk juga masih bisa.

10. “Aduuuh… kenapa sih di FB ini ngga ada conference chat!”

Anda mulai mengharapkan fitur-fitur tambahan baru pada Facebook Anda. Karena sedemikian pentingnya komunikasi melalui Facebook ini, Anda berharap akan ada teknologi yang bisa memuaskan semua keinginan Anda berinteraksi di jejaring sosial ini.

Anda tidak sadar, kan, pernah mengucapkan hal-hal tersebut diatas? Selamat datang ke komunitas pecandu Facebook!

2 thoughts on “10 Hal Yang Terucap Sebelum Anda Sadar Kecanduan Facebook”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda