Scroll to Top

Me-Like Status FB Bisa Membuat Anda Masuk Penjara di Filipina

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 03 Oct 2012

Facebook

Kini warga Filipina patut was-was ketika memberikan jempol di Facebook. Sebab jika asal me-like FB di negara ini bisa membuat facebooker masuk penjara. Setidaknya ini menurut UU terbaru yang mengatur masalah tersebut.

Filipina memiliki populasi 95 juta orang dengan seperempat diantaranya ‘hidup’ di internet. Untuk Facebook, Filipina menyumbang 25 juta pengguna. Dan di Twitter, 10 juta warga Filipina berkicau di linimasa.

Pada 12 September lalu, Presiden Filipina Benigno Aquino III menandatangani Undang-Undang Pencegahan Cybercrime yang mendifinisikan tindakan kejahatan daring meiputi cybersex, pencurian identitas, hacking, spamming, dan pornografi.

“Jika Anda tidak memberikan jempol dengan bijaksana, Anda bisa dituntut. Pun juga jika Anda berbagi tidak secara bijak, Anda bisa digugat,” ujar Senator Tefisto Guingona III, salah satu anggota parlemen.

Menurut Tefisto Guingona III ketentuan ini masih samar-samar dan cakupannya sangat luas. Dan bahkan tidak jelas siapa yang harus bertanggung jawab atas pernyataan yang diberikan secara online. Dan hukumannya tidak main-main. 12 tahun penjara!

“Siapa yang bertanggung jawab? Tidak jelas. Orang yang memosting? Orang yang memberi jempol? Orang yang men-tweet? Orang yang men-share?,” tambah senator tersebut.

Seperti diwartakan CBSNews, Jumat (03/10/12), muncul kekhawatiran jika hukum yang ada akan memberikan kekuasaan besar bagi pemerintah untuk menutup situs web atau apapun itu yang memanfaatkan data online dengan atau tanpa surat perintah.

The Human Rights Wacth menyatakan jika UU ini akan mengancam kebebasan berekspresi, Mereka menganggap jika ini adalah masalah sipil swasta bukan kejahatan. Pemerintah Filipina pun berkelit jika mereka menerima protes apapun asalkan dilakukan di forum yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda