Scroll to Top

10 Tips Memaksimalkan Fitur Search Twitter

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 03 Oct 2012

Twitter Pelecehan

Tak hanya Google, Twitter bisa dimanfaatkan sebagai mesin penelusuran. Namun tak banyak yang mengetahui jika menelusuri di Twitter juga memiliki trik tersendiri. Dan berikut 10 tips dalam memaksimalkan fitur search Twitter.

1. Pola dan hasil penelusuran

Konten dan hasil penelusuran Twitter dibagi menjadi beberapa kategori. Anda harus memahaminya terlebih dahulu. Untuk konten, dibagi menjadi empat bagian: tweets, people, top video, dan top image. Dan di hasil penelurusan ada top, all, dan people you follow.

Jika mencari tweet terpopuler sila pilih top. Mencari tweet dari orang yang Anda ikuti sila klik pepople you follow. Dan apabila mencari tweet secara keseluruhan sila pilih all.

2. Tanpa retweet

Banyak pengguna yang mengulang tweet (retweet) dengan mengeditnya terlebih dahulu (+RT). Untuk mencari tweet asli (tanpa RT) Anda bisa dengan menambahkan kueri - RT di kata kunci yang akan dimasukkan di kotak penelusuran Twitter. Misal: “Gangnam Style -RT”.

3. Berdasarkan lokasi

Ingin mencari tweet berdasarkan lokasi tertentu? Sangat mudah. Ikuti pola berikut: “kata kunci” near: “lokasi” within: “jarak”. Contoh: “Gangnam Style near: Jakarta within: 10mi”.

4. Tweet + tautan

Apabila ingin menelusuri tweet yang menyematkan tautan sila ikuti pola berikut: “kata kunci” filter:links. Contoh: “Gangnam Style filter:links”.

5. Tweet user tertentu

Jika ingin mencari tweet yang dikicaukan dari user tertentu, sila ikuti pola berikut: “@username” + “kata kunci”. Contoh: “@SidomiNews Tips Twitter”.

6. Tweet ‘positif’, ‘negatif’, dan pertanyaan.

Setiap tweet di Twitter mengandung pernyataan ‘positif’ [:)], ‘negatif’ [:(], atau bisa pula pertanyaan [?]. Untuk mencari tweet dengan pernyataan tertentu, sila ikuti pola berikut: “kata kunci” + “pernyataan”. Contoh: “Gangnam Style ?”.

7. Berdasarkan tanggal

Tweet bisa pula ditelusuri berdasarkan tanggal pemostingan. Pola penelusurannya sebagai berikut: “kata kunci” + “since + tanggal” / “until + tanggal”. Contoh: “Gangnam Style since 2012-09-23”.

8. Tweet dari aplikasi

Berkicau di Twitter bisa melalui banyak aplikasi. Jika ingin mencari tweet dari aplikasi tertentu, sila ikuti pola berikut: “kata kunci” + “source:nama aplikasi”. Contoh: “Gangnam Style source:TweetDeck”.

9. Menyimpan penelusuran

Hasil penelusuran Twitter bisa disimpan dan dibuka setiap saat. Caranya sangat mudah. Ketika menggunakan fitur penelusuran, baik itu di web atau perangkat mobile (aplikasi), di laman hasil penelusuran sila klik Save Search.

10. Penelusuran lanjutan

Untuk menggunakan penelusuran lanjutan (advanced search), sila klik fitur ini tatkala Anda sedang menggunakan fitur search Twiter. Ikon akan muncul di kotak penelusuran (drop down).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda