Scroll to Top

OMG dan LOL Akan Masuk Oxford Dictionary

By Aisyah Indarsari / Published on Tuesday, 09 Aug 2011

OMG! Apakah itu benar? Ya! Anda lebih baik mempercayainya. Seperti yang dikutip dari Socialtimes, Oxford Dictionary menyetujui untuk memasukkan semua jenis singkatan WTF dan “teman-temannya” untuk masuk dalam perbendaharaan kata di kamus besarnya.

Seperti Anda ketahui, singkatan kata OMG (Oh My God), LOL (Laugh Out Loud) dan masih banyak lainnya, mulai populer saat booming sosial media. Hingga akhirnya, singkatan kata-kata yang biasanya hanya digunakan di dunia maya itu sampai digunakan hampir pada setiap kesempatan publik di dunia nyata. Bahkan bisa dikatakan menjadi budaya baru di dunia.

Apa argument dari Oxford Dictionary hingga mereka memasukkan beberapa singkatan kata ini ke kamus mereka? “Kata-kata ini sangat erat kaitannya dengan bahasa dalam komunikasi elektronik”, kata mereka. “Dalam tulisan, ataupun pengucapan, terasa lebih mudah untuk digunakan” tambahnya.

Oxford Dictionary mendeskripsikannya juga sebagai “kata-kata informal, suatu ekspresi dengan model gosip”, atau dengan kata lain “sebuah parodi entusiasme yang tidak terefleksikan, atau statement berlebihan yang terkadang muncul dalam sebuah percakapan online, dimana penggunanya merasa mengikuti trend teknologi jika menggunakannya”.

Memang tidak bisa dipungkiri, walaupun merupakan singkatan kata dalam bahasa Inggris, para pengguna sosial media di Indonesia pun tidak luput juga ikut menggunakan singkatan-singkatan tersebut.

Awalnya mungkin karena merasa gaul jika menggunakannya, akan tetapi lama kelamaan, singkatan kata-kata tersebut seakan bisa mengekspresikan diri kita kepada orang yang kita ajak bicara. Dan kebanyakan orang di Indonesia pun sudah paham dan mengerti maksudnya.

Belum lagi karakteristiknya yang singkat, jelas dan padat. Untuk kita aplikasikan di SMS ataupun tweet terasa sangat pas. Inilah yang menjadikannya mudah diikuti hingga membudaya di sekitar kita.

Kabar gembira bagi Anda pecinta permainan Scrabble, atau bahkan Words With Friends yang sebentar lagi bisa Anda mainkan di Facebook, karena kata-kata OMG, LOL dan “teman-temannya” sudah menjadi bahasa resmi di kamus Oxford.

Bagaimana dengan Anda, apakah Anda termasuk yang sering menggunakan singkatan tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda