Scroll to Top

PS 3 Slim: Seperti Inilah Jeroannya Ketika Dibongkar

By Ditya / Published on Thursday, 04 Oct 2012

PS3s

Sony telah meluncurkan konsol PS 3 versi slim untuk menggenjot penjualan konsolnya. Munculnya PS 3 versi slim ini ternyata menggoda ‘tukang bongkar’ iFixit untuk membongkar PS 3 dan melihat jeroan atau komponen penyusunnya.

iFixit memang situs yang berpengalaman soal membongkar gadget seperti tablet, smartphone dan juga konsol game. Kali ini, iFixit membongkar konsol PS 3 versi slim besutan Sony.

Situs iFixit ini tidak sembarangan dalam melakukan pembongkaran. iFixit ini biasanya membongkar gadget untuk mengetahui komponen apa saja yang menyusun sebuah gadget, memperkirakan biaya produksi serta memberikan rating repairability yang menunjukan sejauh mana perangkat tersebut dapat diperbaiki jika mengalami kerusakan.

Bongkar PS 3

Pada konsol PS 3, iFixit  memulainya dengan membongkar bagian CD room. Tak seperti PS 3, PS 3 slim ini tak lagi menggunakan model tray disc dan digantikan dengan top loader. iFixit mengatakan bahwa material pada bagian CD room pada PS 3 terasa murahan.

Meski demikian, iFixit juga mengatakan bahwa pada bagian CD room PS 3 slim ini didesain cukup modular, sehingga mudah diperbaiki juka nanti mengalami kerusakan.

PS3 Board

Secara umum spesifikasi yang dibawa PS 3 Slim dengan PS 3 biasa memang tak ada perbedaan, hanya desain luarnya saja yang berbeda. Pada PS 3 Slim, iFixit mengatakan perlu waktu 5 sampai 10 menit untuk mengganti hardisk. PS 3 Slim sendiri datang dengan hardisk berukuran 250GB atau 500GB dinilai cukup, sehingga pengguna akan jarang melakukan penggantian hardisk.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (03/10/2012), iFixit memberikan rating repairability untuk PS 3 Slim di angka 7 dari 10, artinya, konsol PS 3 Slim ini cukup mudah diperbaiki sendiri oleh orang yang gemar modifikasi atau bongkar pasang gadget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda