Scroll to Top

Samsung Galaxy S3 Lebih Beracun Dari iPhone 5?

By Ditya / Published on Thursday, 04 Oct 2012

Galaxy S3 toxic

Sebuah tes material menunjukan bahwa Samsung Galaxy S3 lebih beracun daripada Apple iPhone 5. Berdasarkan laporan tersebut juga diketahui bahwa ponsel masa kini dinilai semakin ramah lingkungan.

Ponsel dan tablet memang bukan hanya sekedar gadget yang terbuat dari kaca, plastik dan PCB tapi didalamnya juga mengandung beberapa logam berat dan material beracun seperti PVC, timah, merkuri serta bahan-bahan lain yang tak ramah lingkungan dan berpotensi mengganggu kesehatan manusia.

Laporan yang merupakan hasil penelitian dari iFixit yang bekerjasama dengan HealtyStuff.org menunjukan bahwa ponsel masa kini mengandung material beracun yang lebih sedikit dari ponsel keluaran lama.

Hal ini dibuktikan dengan mengambil sampel 36 smartphone keluaran baru dan lama untuk diteliti kandungan material beracunnya. Semua perangkat akan dinilai dengan rating 0 hingga 5 dimana 0 berarti perangkat sangat ramah lingkungan dan rating 5 berarti perangkat yang mengandung material beracun yang sangat buruk.

rating racun ponsel

Hasil pengujian menunjukan setidaknya terdapat 6 smartphone yang masuk kategori low concern atau kandungan material beracunnya rendah, mereka adalah Motorola Citrus, iPhone 4S, LG Remarq, Samsung Captative, iPhone 5 dan Samsung Evergreen.

Sementara Samsung Galaxy S3 yang merupakan rival dari berada di kategori mid-concern atau kandungan material beracunnya menengah atau sedang. Pada kategori ini, selain Samsung Galaxy S3 juga hadir BlackBerry Bold 9000, Motorola DroidX, iPhone 4 iPhone 3G.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (03/10/2012), adapula ponsel yang masuk kategori high-concern atau kandungan material beracunnya sangat tinggi seperti BlackBerry Storm 9530, Palm Treo 750 dan yang menduduki rating 5 atau sangat tinggi kandungan material beracunnya adalah iPhone 2G.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda