Scroll to Top

5 Etika Dalam Melakukan Video Chat di Facebook

By Aisyah Indarsari / Published on Tuesday, 09 Aug 2011

Salah satu fitur baru yang diluncurkan Zuckerberg di platform jejaring sosialnya adalah fitur video chat yang bekerja sama dengan Skype. Apakah Anda sudah mencobanya? Jika belum, Anda wajib meluangkan waktu untuk melakukannya. Karena fitur ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang mendambakan berinteraksi dua arah secara face to face dengan teman Anda, dengan komunitas Facebook Anda.

Akan tetapi, tahukah Anda, ada etika-etika yang harus Anda mengerti, pahami dan jalankan jika Anda akan melakukan video chat di Facebook ini? Jika belum, daftar berikut seperti yang dikutip dari AllFacebook bisa Anda jadikan pedoman:

1.       Jika seseorang tidak berkenan Anda undang untuk melakukan video chat, jangan memaksanya! Jangan mentang-mentang Anda ingin mencoba fitur Facebook yang tergolong baru ini, Anda memborbardir teman-teman Anda untuk mengajaknya ber-video chat. Cobalah berlapang dada dan menerima jawaban “tidak” dari mereka.

2.       Jika Anda memang berniat melakukan video chat, konsekuensi lah dengan keputusan Anda. Pastikan Anda sudah siap tampil di depan kamera. Bukan berarti harus full make up. Walaupun hanya dengan sahabat Anda, tampil dengan wajah bangun tidur tidak akan membangun mood yang bersemangat pada percakapan Anda.

3.       Jangan terlalu berharap Anda bisa melakukan Skype 24 jam penuh. Anda harus sadar bahwa teman-teman Anda tidak harus selalu ada didepan komputer berinteraksi di jejaring sosial. Masih ada kegiatan nyata sehari-hari di kehidupan mereka. Dan bagi Anda yang ingin melakukan video chat lintas negara, pertimbangkan juga waktu setempat.

4.       Jangan berlama-lama. Ada kalanya teman Anda tidak enak hati untuk memutus pembicaraan. Anda yang seharusnya sadar diri. Tidak selamanya pembicaraan akan menarik jika berlarut-larut.

5.       Etika yang terakhir berhubungan dengan norma kesusilaan. Pastikan Anda tidak menyalahgunakan video chat di Facebook ini untuk kegiatan pornografi. Selain menjunjung tinggi adat ketimuran, Anda tidak akan pernah tahu jika ada yang memanfaatkan kejadian tersebut untuk maksud yang tidak baik, bukan?

Nah, jika Anda sudah mengetahui etika dalam ber-video chat di Facebook, selamat menikmati fitur ini dengan teman-teman Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda