Scroll to Top

Apple Ingin Tendang Intel Dari Komputer Mac?

By Ditya / Published on Thursday, 04 Oct 2012

Apple Intel

Apple dikabarkan kurang puas dengan kinerja prosesor Intel dan berniat menendang Intel dari jajaran komputer Mac. Apple dikabarkan telah menyewa desainer chip SoC (System on Chip) untuk membuat prosesor sendiri untuk menggantikan Intel.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino ini tampaknya mulai melakukan perubahan besar disemua lini produknya. Pada sistem operasi iOS, Apple telah menendang Google Maps dan YouTube dan menggantinya dengan Apple Maps yang kini menuai masalah.

Belum selesai masalah mengenai transisi dari aplikasi Apple Maps, Apple dikabarkan bersiap mengambil manuver yang mengejutkan, menendang prosesor Intel dari komputer Mac dan menyewa desainer prosesor untuk merancang prosesor sendiri.

Seperti yang kita ketahui, saat ini seluruh jajaran komputer Mac telah menggunakan prosesor Intel sejak tahun 2006 mulai dari Mac Pro, MacBook Pro, Mac Book, MacBook Air hingga seri iMac.

Sebelumnya, Apple menggunakan prosesor besutan iBM, yakni PowerPC mulai tahun 1994 hingga 2006. Perubahan basis prosesor PowerPC ke Intel juga sempat menggemparkan dunia teknologi. Kini Apple dikabarkan akan melakukan langkah serupa dengan meninggalkan Intel.

Apple juga sempat melirik platform APU (Accelerated Processing Unit) dari pesaing Intel, AMD. Apple bahkan sempat merancang prototype Mac yang ditenagai oleh APU AMD, namun kini tak terdengar lagi kabarnya.

Seperti yang dilansir dari TechRadar (04/10/2012), Apple dikabarkan sedang mencari tim untuk mendesain prosesor SoC untuk mengembangkan prosesor Apple A7 dimasa depan.

Spekulasi yang berkembang mengatakan bahwa chip prosesor yang disesain untuk Mac akan segera hadir dalam waktu dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda