Scroll to Top

ZTE Ungkapkan Spesifikasi Smartphone Firefox OS Pertama

By Ditya / Published on Friday, 05 Oct 2012

Firefox OS ZTE

ZTE dikabarkan mengungkapkan spesifikasi perangkat keras yang digunakan oleh smartphone berbasis Firefox OS pertama di dunia. Spesifikasi ponsel tersebut konon mirip dengan spesifikasi salah satu produk ZTE yang berbasis Android.

Sistem operasi mobile besutan Mozilla, Firefox OS, akan dirilis pada tahun 2013 nanti. ZTE kabarnya akan menjadi produsen ponsel pertama yang mengadopsi sistem operasi Firefox OS tersebut dan peluncuran pertama akan dilaksanakan di Brazil.

Ponsel ZTE yang menggunakan Firefox OS ini mengusung spesifikasi yang sangat mirip dengan ponsel ZTE V788D yang menggunakan sistem operasi Android. Tampilan luar ponsel ini juga mirip dengan Sony Xperia Tipo. Ponsel ZTE Firefox OS akan mengusung layar 3,5 inci dengan resolusi 800 x 480 piksel.

Dapur pacu ponsel ZTE dengan Firefox OS ini akan menggunakan prosesor dengan kecepatan 1,5GHz yang didukung memori RAM 512MB. ZTE juga menyematkan kamera dengan resolusi 5 megapiksel. Melihat spesifikasi yang diusung, kemungkinan ponsel ini akan masuk kelas menengah.

Firefox OS sendiri adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Mozilla yang menggunakan basis kernel Linux yang digabung dengan mesin render Gecko serta menggunakan HTML 5 sebagai antarmukanya.

Sistem operasi Firefox OS ini awalnya menggunakan kode nama B2G atau Boot 2 Gecko. Gecko sendiri adalah mesin render yang digunakan pada browser Firefox.

Meski sistem operasi Firefox OS ini adalah sistem operasi yang ditujukan untuk smartphone, namun Mozilla sempat menyangkal bahwa Firefox OS ini akan berhadapan dengan Android. Mozilla beralasan bahwa Firefox OS ditujukan untuk perangkat entry level yang memiliki spesifikasi terbatas.

Seperti yang silansir dari Tomshardware (04/10/2012), melihat komponen 3 pilar utama pendukung Firefox OS (Gecko, HTML5 dan kernel Linux), tampaknya Firefox OS akan menjadi sistem operasi yang sangat berbeda dari Android, iOS atau Windows Phone.

Mampukah Mozilla Firefox OS menarik perhatian produsen ponsel dan pengguna? Mari kita tunggu perkembangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda