Scroll to Top

Steve Wozniak: Apple Harusnya Hadirkan iTunes di Android

By Ditya / Published on Friday, 05 Oct 2012
Steve Wozniak
Steve Wozniak, legenda Silicon Valey dan salah satu pendiri Apple

Salah satu pendiri Apple yang kini menjadi pengamat teknologi, Steve Wozniak, mengatakan bahwa Apple seharusnya membawa iTunes ke platform Android untuk memperluas pasar mobile.

iTunes sendiri adalah sebuah multimedia player multifungsi sekaligus toko online yang hadir di platform Mac dan Windows. pada perangkat mobile seperti iPhone dan iPad, iTunes berperan sebagai iTunes App Store yang menyediakan aplikasi dan berbagai konetn lain seperti musik, film dan ebook.

Menurut Steve Wozniak, kehadiran iTunes di Android akan membantu popularitas dari perangkat iOS, hal ini terlihat ketika iTunes diluncurkan untuk platform PC Windows yang kemudian mendongkrak popularitas iPod. Sayangnya, Apple tak melakukan hal yang sama dengan membawa iTunes ke Android.

“Kenaikan nyata penguasaan pasar Apple dari kecil hingga menjadi besar seperti sekarang ini adalah berawal dari iTunes dan iPod. Jika Anda lihat, hadirnya iTunes untuk Windows membuat Apple menguasai hampir 100 persen dari pasar integrated sistem seperti ipod dan iTunes.”

“Jadi kenapa Apple tidak melakukan hal yang sama ke Android? Saya suka produk Apple dan iTunes dan saya berharap apa yang saya alami juga hadir di platform Android,” kata Steve Wozniak.

Pendapat yang dilayangkan Steve Wozniak mengenai iTunes untuk Android sangat kontras dengan pendiri Apple yang lain, mendiang Steve Jobs. Steve Wozniak memandang Android sebagai pesaing iOS yang nanti akan memicu inovasi antara keduannya.

Mendiang Steve Jobs berbeda, ia memandang Android sebagai musuh dan tiruan dari iOS. Hal ini terlihat dari sepak terjang Apple yang terlibat perang paten dengan produsen Android seperti HTC dan Samsung.

Seperti yang dilansir dari TechRadar (04/10/2012), rasanya hampir tidak mungkin Apple akan membawa perangkat lunak iTunes ke sistem operasi Android. Apple sendiri identik dengan ekosistem yang tertutup dan menyediakan iTunes sebagai ‘pasar’ untuk iPhone, iPad dan iPod.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda