Scroll to Top

Makan Ceri Bantu Ringankan Penyakit Gout

By Ilham Choirul / Published on Friday, 05 Oct 2012

ceri

Tahukah Anda? Buah ceri yang biasa dijadikan penghias kue tart punya manfaat sangat baik untuk melawan penyakit gout. Cukup dengan makan buah ceri selama dua hari, maka risiko terkena gout menurun sampai 35 persen. Bahkan, ceri sangat baik untuk menunjang kerja obat gout, allopurinol. Sebab, ketika kedua berpadu maka dapat menurunkan serangan gout sampai 75 persen.

Gout sering disebut dengan penyakit asam urat. Ini salah satu bentuk arthritis yang terjadi karena ada endapan asam urat yang ada di sekitar tulang rawan dan cairan sendi. Banyak sendi yang bisa terserang. Namun, gout kerap menyerang jari kaki, lengan, atau jari tangan. Tanda yang nampak adalah pembengkakan di sendi dengan warna kulit kemerahan atau keunguan.

Temuan manfaat ceri untuk atasi gout ini muncul lewat penelitian dari Boston University.   Sejumlah 633 pasien gout berusia rata-rata 54  tahun dilibatkan untuk menguji manfaat ceri. Kebanyakan relawan adalah pria. Selama satu tahun peneliti mengamati mereka dalam melihat tanda serangan gout, frekuensi minum obat, dan faktor risiko yang muncul. Selain itu, mereka juga diamati ketika ceri atau ekstrak ceri dikonsumsi selama dua hari dan pengaruhnya terhadap penyakit gout mereka. Setiap kali makan ceri, dosis yang dipakai adalah 10-12 butir ceri.

 “Risiko serangan gout terus menurun dengan peningkatan konsumsi ceri, hingga tiga porsi lebih selama dua hari,” kata peneliti Dr Yuqing Zhang, profesor kedokteran dan kesehatan masyarakat di Boston University, seperti dikutip Huffington Post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda