Scroll to Top

Persib Gabungkan Tiki-Taka Barcelona dan Pertahanan Kokoh Chelsea

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 05 Oct 2012

Persib Latihan

Persib Bandung di tangan Djadjang Nurdjaman (Djanur) akan mengubah pola permainan. Kalau selama ini mereka lebih mengandalkan gaya long pass (umpan panjang), kini mereka akan memadukan bola dari kaki ke kaki atau tiki-taka layaknya Barcelona dan sepakbola Spanyol, dengan formasi 4-2-3-1 khas Chelsea dan hanya mengandalkan satu penyerang utama, entah Kenji Adachihara atau Herman Dzumafo.

Persib Bandung siap mengubah gaya permainan. Musim lalu, Maung Bandung lebih mengandalkan permainan dengan bola-bola jauh. Umpan-umpan lambung dilepaskan dari belakang ke depan. Hal yang sebenarnya sudah banyak ditinggalkan sepakbola modern karena ketidakefektifannya. Kali ini, pelatih Djadjang Nurdjaman bersiap memainkan pola dari kaki ke kaki ala Barcelona.

“Selama ini, Persib sering bermain dengan bola jauh, dari belakang langsung ke depan. Saya ingin mengubah itu. Dengan sisa waktu cukup panjang menuju kompetisi, kita akan terus berlatih dengan memainkan bola satu dua sentuhan,” kata Djadjang seperti dikutip oleh Wartanews pada Kamis (04/10/2012).

Selain itu Djadjang juga berusaha mengadopsi formasi 4-2-3-1 ala Chelsea. Ia ingin Persib tak hanya tangguh di depan, tetapi juga kokoh di lini belakang seperti The Blues. Formasi ini sudah diterapkan saat Maung Bandung berhadapan dengan PSAD (menang 2-0) beberapa waktu lalu.

“Saat ujicoba melawan PSAD, saya sudah menerapkan formasi itu. Pakemnya empat pemain belakang. Kenji Adachihara saya pasang sebagai striker tunggal. Babak kedua saya tukar dengan Herman Dzumafo,” katanya seperti dikutip oleh Inilah pada Kamis (04/10/2012).

Sejauh ini, kehebatan formasi 4-2-3-1 ala Persib masih jauh dari harapan karena latihan Maung Bandung masih berfokus pada visi bermain skuad mereka. Dengan sisa waktu yang masih panjang menjelang kompetisi, Djadjang yakin mampu membawa Persib menjadi sehebat Barcelona dan sekokoh Chelsea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda