Scroll to Top

5 Langkah Mudah Manambah Follower Anda di Twitter

By Ibnu Azis / Published on Friday, 05 Oct 2012

Twitter Pelecehan

Salah satu perbedaan antara pengguna populer (selebtwit) dan tidak populer di Twitter adalah dari jumlah follower. Bagi Anda yang selama ini berjuang mati-matian dalam menggenjot jumlah pengikut di Twitter, sila baca 5 langkah mudah dalam menambah jumlah follower berikut.

1. Username

Pilih nama pengguna yang ‘pendek’. Pilih yang mudah diingat, langsung mewakili Anda, dan yang terpenting jangan terlalu panjang. Ingat Twitter hanya memberikan batas 140 karakter. Jika username Anda terlalu panjang, 20 karakter misalnya, maka tweet yang akan dibagikan juga tidak maksimal.

Namun jangan pula memilih nama pengguna yang amat singkat. Umumnya username di Twitter tak lebih dari 8 karakter (huruf). Dengan memiliki nama pengguna yang tepat, Anda akan leluasa untuk men-tweet tanpa perlu takut kehabisan space.

Selain nama pengguna, hal lainnya yang sangat penting adalah soal bio dan foto. Tulis pengantar singkat di laman profil. Ini penting bagi orang lain yang akan membaca pengantar info Anda sebelum memutuskan untuk mengikuti. Dan jangan lupa untuk tidak memosting foto dalam ukuran kecil. Sebab orang lebih suka membuka versi yang lebih besar.

2. Tweet 

Posting tweet yang menghibur. Konten menghibur ini sangat luas jangkauannya. Bisa berupa joke, informasi, kegemaran, atau apapun yang menjadi skill Anda. Namun tetap ingat, sajikan dengan menghibur. Orang suka dihibur. Mereka suka dimanja. Meski hanya lewat 140 karakter.

3. ‘Tarik’ perhatian

Meski menghibur, setiap tweet yang diposting bisa ditambah dengan ornamen-ornamen lain. Misalkan hashtag, foto, video, atau link terkait. Cara ini cukup efektif untuk menarik perhatian pengguna lain. Dan ingat, jika menyematkan tagar (#) tweet Anda akan bisa diakses siapa saja yang menklik hashtag tersebut.

4. Follow balik

Memang ini bukan merupakan tindakan wajib. Namun bagi pengguna Twitter pemula, sangat dianjurkan untuk mengikuti kembali pengguna yang mengikuti Anda. Jika mereka tidak diikuti kembali, maka mereka bisa berhenti mengikuti Anda (unfollow). Dan ini sangat merugikan. Men-follow balik juga akan meningkatkan interaksi Anda di Twitter. Timeline bakal dialiri lebih banyak konten daripada sebelumnya. Meskipun konten yang mengalir menjadi sangat masif dan terlalu deras.

5. Retweet

Mengulang kembali tweet atau retweet umumnya terdiri dari dua macam. Pertama, kerelaan pengguna, dan kedua, permintaan pengguna. Anda bisa meminta pengguna lain untuk me-retweet tweet yang telah diposting. Tak ada yang salah dengan permintaa ini.

Kemudian bila dirasa perlu, Anda bisa mengulang kembali tweet yang telah diposting sebelumnya. Cara ini efektif guna menampilkan kembali tweet yang mungkin belum sempat dibaca follower Anda.

Terakhir, Anda bisa me-retweet dengan pola edit (RT) untuk mengomentari tweet yang dirasa menarik atau bermanfat. Cara ini bisa mengundang simpatik pengguna lain dan tak jarang mereka ganti me-retweet tweet Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda