Scroll to Top

Datsun Bakal Lahir Kembali dengan Mobil Murah

By Ilham Choirul / Published on Friday, 05 Oct 2012

datsun press conference

Anda yang mengalami masa muda di tahun 70 hingga 80-an barangkali kenal dengan merek mobil Datsun. Nama yang sempat tenggelam puluhan tahun ini segera kembali menyapa konsumennya dua tahun mendatang. Rencananya, dua mobil terbaru akan diperkenalkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Datsun berada di bawah manajemen  Nissan. Menurut Carlos Ghosn, CEO Nissan, kelahiran kembali Datsun ditujukan untuk pasar otomotif di negara berkembang. Bidikannya adalah masyarakat menengah ke bawah yang ingin memiliki mobil pribadi yang rata-rata terkendala dengan tingginya bandrol harga. Dan, Datsun telah merilis harga yang sangat spesial, yaitu hanya USD 3 ribu atau setara Rp 28,57 juta per unitnya.

Seperti dikutip Media Indonesia, nama Datsun sempat dikorbankan untuk mengangkat merek Nissan. Selama kurang lebih 20 tahun, Datsun telah dimatisurikan. Namun, melihat nama Datsun cukup dikenal pada masa lampau, Nissan mulai melirik lagi untuk membangkitkannya dan menyasar pada konsumen entry-level.  Tahun 2014 menjadi hari baru bagi Datsun.

Ada beberapa tipe mobil Datsun yang sempat melegenda di waktu dulu. Di antaranya adalah Datsun 120Y, Datsun 510, Datsun 160Y, Datsun 310B, dan Datsun 160J SSS. Hanya saja, jika mobil baru Datsun nanti masuk ke pasar otomotif Indonesia, diperkirakan harganya jadi melambung. Menengok kebijakan di Indonesia, harga mobil sangat dipengaruhi oleh tingkat pajak dan berbagai biaya yang mesti dikeluarkan. Walhasil, harga pokok penjualan yang tinggi menyebabkan kenaikan harga tidak bisa dielakkan lagi. Tapi setidaknya, mobil ini bakal bersaing dengan mobil murah lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda