Scroll to Top

Timnas Indonesia PSSI Mengundang, Pemain ISL Tak Ada yang Datang

By Aditya / Published on Saturday, 06 Oct 2012

Timnas Indonesia Bambang Pamungkas ISL

Upaya PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin untuk mendatangkan para pemain dari kompetisi Indonesia Super League (ISL) ke Timnas Indonesia tampaknya belum juga membuahkan hasil. Pasalnya, tidak ada satupun pemain ISL yang diundang ke Timnas Indonesia PSSI menyempatkan datang dan bergabung dengan skuat asuhan Nil Maizar.

PSSI sebenarnya telah memanggil 8 pemain ISL untuk membela tim Merah-Putih, yaitu I Made Wirawan dan Firman Utina yang kini membela Persib Bandung, Hamka Hamzah (Persisam Putra Samarinda), Ahmad Bustomi (Mitra Kukar), Bambang Pamungkas (Persija Jakarta ISL), Ricardo Salampessy (Persipura Jayapura), serta duo pemain naturalisasi milik Pelita Jaya yakni Greg Nwokolo dan Victor Igbonefo.

Namun, tidak ada satupun pemain yang datang memenuhi panggilan PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia. Selain Bambang Pamungkas yang menyatakan absen, para pemain ISL lainnya justru masih berada di skuat Timnas Indonesia bentukan KPSI asuhan Alfred Riedl.

Kendati masih saja gagal merekrut pemain ISL, namun PSSI tetap menjalin kontak dengan para pemain top itu. Harapannya, Bambang Pamungkas dan kawan-kawan akan bergabung ke Timnas Indonesia sebelum perhelatan AFF Cup 2012 dimulai, yakni pada akhir November 2012 mendatang di Malaysia dan Thailand.

Sejauh ini, hanya pemain dari kompetisi Indonesia Premier League (IPL) saja yang telah menyatakan kesanggupannya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia asuhan Nil Maizar. Sedangkan untuk pemain ISL, PSSI masih mengupayakan.

 “Untuk pemain IPL telah mengkonfirmasi kehadiran, tapi untuk pemain ISL belum ada. Makanya komunikasi terus kami lakukan,” ujar Manajer timnas PSSI, Habil Marati, di Jakarta belum lama ini.

Kendala utama yang menghalangi para pemain ISL untuk merapat ke Timnas Indonesia PSSI adalah kebijakan klub. Seperti diketahui, klub-klub ISL menolak mengirimkan pemainnya ke Timnas Indonesia PSSI sebelum ada keputusan yang memandatkan kepada Joint Committee (JC) sebagai pengelola timnas, bukan PSSI Djohar Arifin Husin.

Habil Marati pun menyayangkan belum hadirnya para pemain ISL ke Timnas Indonesia PSSI. Habil Marati berharap agar semua pihak mematuhi hasil rapat kedua Joint Committee yang salah satunya telah menunjuk PSSI sebagai pengelola timnas.

“Sekarang sudah ada keputusan dari Komite Bersama (Joint Committee) yang menyatakan ISL diakui PSSI. Untuk itu klub harus patuh pada PSSI,” tandas Habil Marati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda