Scroll to Top

Xavi: Tentang Barcelona-Real Madrid, Ada Skor 5-0 di Mata Saya

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 06 Oct 2012

Xavi-Tentang Barcelona-Real Madrid, Ada Skor 5-0 di Mata Saya

Xavi Hernandez, playmaker andal Barcelona, menyatakan Barca berpeluang meninggalkan sang rival, Madrid, dengan jarak 11 angka. Selisih poin tersebut akan terjadi jika Barcelona mampu menggebuk Real Madrid di El Clasico akhir pekan ini di Camp Nou. Selain itu, dalam ingatan Xavi, masih terngiang kemenangan besar Barca atas Real Madrid, 2-6 di Santiago Bernabeu, dan 5-0 di Camp Nou.

Xavi Hernandez diajak berbicara tentang El Clasico yang harus dihadapi Barca akhir pekan ini. Ia menyatakan timnya datang dengan kepercayaan diri tinggi. Memiliki peluang untuk memperlebar jarak menjadi 11 angka.

“Kami memiliki peluang besar untuk meninggalkan Madrid 11 angka. Namun, kompetisi baru dimulai. Saya tidak tengah bereuforia (karena Barcelona memulai musim dengan superior). Kami tiba pada waktu yang tepat, dengan permainan apik, dan dengan penuh kepercayaan diri.”

Politik tidak bisa dilepaskan dari El Clasico. Harga diri rakyat Catalan senantiasa dibawa dalam pertandingan melawan Real Madrid yang merupakan representasi ibukota Spanyol; yang sering dianggap sebagai ‘penindas’ dalam waktu-waktu lampau. Namun, Xavi hanya ingin laga Barcelona-Real Madrid dianggap sebagai pertandingan sepakbola, bukan yang lain.

“Kami hanya bermain sepakbola (dalam laga Barca-Madrid) dan hanya itu saja.”

Akhir-akhir ini, keinginan rakyat Catalan untuk merdeka semakin besar. Bertepatan dengan itu, Barca musim depan akan memakai warna merah-kuning dalam kostum mereka, warna yang merepresentasikan bendera Catalan. Dalam laga El Clasico esok, mosaik warna yang sama juga akan ditampilkan oleh seluruh fans di Camp Nou. Xavi memaklumi hal ini.

“Sangat logis dan normal. Hal ini (pemakaian senyera), bukan sekali ini saja. Siapa pun dapat mengekspresikan apa pun.”

Bertahun-tahun bersama Barcelona, Xavi sudah melewati sekian El Clasico. Ada dua momen yang tak mungkin dilupakannya. Pertama, kemenangan 2-6 di Santiago Bernabeu yang membantu Barca menjuarai La Liga musim 2008-09. Dan kemenangan 5-0 di Camp Nou pada musim 2010-11.

“Di mata saya, ada kenangan tentang kemenangan 2-6 (di Santiago Bernabeu) dan 5-0 (di Camp Nou). Momen-momen yang tak akan terlupakan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda