Scroll to Top

Bukti Baru Google Plus Semakin Melambat

By Aisyah Indarsari / Published on Wednesday, 10 Aug 2011

Dua puluh lima juta pengguna baru Google+ dalam satu bulan bukan berarti kurva peningkatannya akan terus meroket. Terbukti dari penelitian terbaru tentang perkembangan Google+ yang semakin menurun bahkan dibandingkan dari penelitian sebelumnya.

Potensi penurunan pengguna baru Google+ sebenarnya sudah “dicium” oleh Paul Allen, seperti yang diberitakan di Sidomi News yang lalu. Akan tetapi penurunan kali ini angkanya dirasa cukup signifikan sehingga membuat beberapa pengguna awal jejaring sosial yang masih berupa proyek beta ini mulai ragu.

Adalah penelitian yang dilakukan oleh Chitika, yang menyebutkan bahwa telah terjadi penurunan traffic share sebesar 34% dari data pengguna tanggal 20 Juli hingga 31 Juli. Hasil ini sangat kontras dengan peningkatan traffic share yang terjadi sebelumnya, yaitu pada tanggal 3 Juli hingga 11 Juli, hingga sebesar 300%.

Penurunan traffic share ini bisa disebabkan beberapa hal, diantaranya misalnya kejenuhan para early adopter, yaitu para pengguna awal Google+ yang pada awalnya berharap lebih terhadap platform jejaring sosial milik Google ini.

Atau bisa juga disebabkan karena kurangnya peminat baru Google+ yang sebelumnya sudah aktif menggunakan Facebook atau Twitter. Sehingga pengguna Google+ yang sudah bergabung sedikit merasa kehilangan teman-teman Facebook atau Twitter nya yang “tidak mau” diajak bergabung ke Google+.

Memang tidak salah jika orang-orang sudah merasa cukup dengan jejaring sosial yang sekarang mereka gunakan. Mereka merasa tidak ada urgensinya untuk menambah jejaring sosial baru atau bahkan memindahkan apa yang sudah mereka bangun ditempat sebelumnya.

Akan membutuhkan lebih dari sekedar fitur-fitur andalan untuk bisa bersaing dengan sosial media sebelumnya yang sudah lebih dahulu menyentuh hati masyarakat dunia. Bagaimana menurut Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda