Scroll to Top

Orang Sekarang Lebih Jarang Tertawa Dibanding Orang Dulu

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 06 Oct 2012

tertawa

Meski tertawa itu bisa menyehatkan fisik dan mental, namun saat ini banyak orang yang tidak terlalu banyak tertawa dalam kesehariannya. Tekanan hidup sehari-hari diduga menjadi salah satu penyebabnya. Dan, menurut sebuah studi dari situs Jackpotjoy di 17 kota Eropa, orang sekarang lebih sedikit tertawa dibandingkan dengan orang  dewasa di kehidupan 60 tahun yang lalu.

Untuk ukuran kehidupan modern seperti sekarang, kebanyakan orang teratwa dalam satu hari hanya berkisar enam menit. Sementara pada 60 tahun yang lalu, orang-orang bisa menghabiskan 18 menit sehari untuk tertawa. Standar hidup yang lebih baik di zaman sekarang, tidak lantas membuat orang bisa lebih santai dan membuatnya dapat tertawa lepas.

Buktinya, sekitar 66 persen responden yang terlibat dalam studi ini mengatakan putus asa untuk memiliki kebahagiaan dalam hidup. Berbagai permasalahan yang mendera hidup mereka, sampai melupakan untuk mencari bentuk kebahagiaan yang diingini. Dalam survey itu terkuak bahwa kurangnya uang, cuaca buruk, urusan pekerjaan, hingga komitmen yang ada dalam keluarga menjadi alasan responden tidak mampu mendapatkan rasa bahagia.

“Tertawa adalah perilaku penting dari seseorang, menyenangkan, bahagia dan membawa banyak manfaat,” kata Psikolog Anjula Mutanda, seorang ahli kesehatan mental, seperti dikutip Times of India.

Menurut para ahli, minimal diperlukan 15 kali dalam sehari untuk tertawa agar perilaku itu punya efek bagi tubuh. Dari studi tersebut didapatkan hasil, rata-rata orang Inggris tertawa 7,2 kali sehari. Masyarakat Norwich tertawa 5,4 kali sehari, Brighton 6,1 kali, Galsgow 6,2 kali, dan Leeds 8,7 kali.  Sementara untuk kalangan anak-anak prasekolah yang seringkali hidup tanpa membawa banyak beban masalah, bisa tertawa hingga 350 kali sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda