Scroll to Top

Niels Bohr, Penemu Teori Struktur Atom Di Google Hari Ini

By Ika / Published on Sunday, 07 Oct 2012

Bohr

Niels Henrik David Bohr atau yang lebih dikenal Niels Bohr adalah seorang fisikawan penemu teori struktur atom yang lahir pada 7 Oktober 1885 di Kopenhagen, Denmark, dan meninggal pada 18 November 1962. Tepat hari ini, Google memperingati ulang tahun Niels Bohr yang ke 127.

Niels Bohr lahir di keluarga berpendidikan, dimana ayahnya juga merupakan seorang profesor di Universitas Copenhagen. Pada tahun 1903, Niels Bohr tercatat menjadi sarjana di universitas tersebut. Tahun 1911 ia telah berhasil meraih gelar doktor fisika dan kemudian terus belajar di bawah asuhan fisikawan Inggris penemu elektron, J.J Thomson, dan juga belajar bersama Ernest Rutherford beberapa bulan kemudian.

Pada 1922, Niels Bohr menerima nobel fisika atas jasanya dalam penelitian struktur atom dan radiasinya. Bohr mengungkapkan teori yang bertentangan dengan teori fisika lama, bahwa atom sebenarnya tersusun atas inti atom (nukelus) dan elektron yang terus mengelilingi inti dalam orbit dengan ukuran yang sangat spesifik.

Model atom yang dikemukakan oleh Bohr inipun sedikit memberi pencerahan tentang garis-garis spektral atau spektrum dan juga atom hidrogen yang sebelumnya sulit dipecahkan oleh ilmuwan lain. Hasil kerja keras Bohr bahkan sempat menuai pujian dari ilmuwan Albert Einstein.

Tahun 1943, Bohr meninggalkan Denmark karena tentara Nazi Jerman sudah menduduki wilayah tersebut sejak 1940. Namun setelah perang usai, ia kembali ke Denmark dan sempat mengepalai berbagai lembaga fisika. Tahun 1962, Niels Bohr akhirnya meninggal karena serangan jantung. Ia pun dimakamkan di salah satu distrik Kopenhagen, Denmark.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda