Scroll to Top

UKG Online 2012 Gelombang 2 Masih Alami Kendala

By Ika / Published on Sunday, 07 Oct 2012

UKG 2012

Sejak tanggal 2 Oktober kemarin Uji Kompetensi Guru (UKG) Online gelombang 2 sudah mulai dilaksanakan hingga tanggal 2 November mendatang. Namun hampir sama seperti pada gelombang pertama beberapa waktu lalu, UKG online kali inipun rupanya masih mengalami kendala yang sama di beberapa daerah.

Di Brebes, Jawa Tengah, misalnya. Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) melaporkan bahwa UKG di wilayah ini masih mengalami masalah berupa jaringan internet yang tidak lancar. Gara-gara server internet yang tidak bisa terhubung, pelaksanaan UKG sempat dibatalkan dan membuat sejumlah guru kecewa.

Tak hanya karena masalah internet, di beberapa daerah seperti di Bogor atau Sukabumi, pelaksanaan UKG online juga terkendala masalah soal ujian. Menurut sejumlah peserta, soal-soal untuk mata pelajaran IPA dan IPS banyak yang tidak menyertakan gambar, padahal gambar tersebut sangat diperlukan untuk menjawab soal.

Kendala lain yang masih kerap terjadi adalah minimnya sosialisasi UKG gelombang kedua, sehingga banyak para guru yang tidak tahu informasi lengkap mengenai UKG. Bahkan, ada pula sejumlah guru yang dulu gagal ujian di UKG tahap pertama, hingga bulan ini belum menerima undangan UKG tahap 2.

Karena terlalu banyaknya kendala, akhirnya banyak pihak yang merasa bahwa UKG gelombang kedua ini diberhentikan atau ditunda untuk sementara waktu.

“Terbukti kendala pada gelombang dua masih juga terjadi. Kami ingin ini (UKG) dihentikan dulu,” kata Retno dari FSGI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda