Scroll to Top

Kristy Ross, Wanita Yang Didenda USD $163 Juta Karena Buat Antivirus Palsu

By Ditya / Published on Sunday, 07 Oct 2012

Fake antivirus

Kristy Ross, seorang wanita yang didenda sebesar USD $163 juta oleh pihak yang berwenang di Amerika Serikat akibat ulahnya melakukan penipuan berkedok antivirus palsu.

Antivirus palsu memang tren kejahatan yang populer beberapa waktu lalu yang biasanya menampilkan peringatan yang menakut-nakuti pengguna, seolah-olah komputernya telah terinfeksi virus atau malware dan merekomendasikan pengguna untuk membeli antivirus palsu dengan membayar sejumlah uang.

Setelah pengguna tertipu dan memutuskan untuk membayar sejumlah uang, maka pengguna akan dipandu untuk men-download antivirus palsu yang sebenarnya adalah malware atau spyware berbahaya.

Hal yang tak jauh beda juga dilakukan oleh Kristy Ross yang sukses menipu banyak korbannya dan para korban diminta untuk membayar biaya sebesar USD $40 – $60 untuk antivirus palsu.

The Federal Trade Commission (FTC) telah mengejar kasus penipuan berkedok antivirus palsu yang dilakukan oleh Kristy Ross dan komplotannya sejak tahun 2008.

Tak hanya Kristy Ross yang melakukan penipuan model serupa, sebelumnya ayah dan anak Marc D’Souza dan Maurice D’Souza juga dikenai denda senilai USD $8,2 juta akibat penipuan yang mereka lakukan.

Kristy Ross melakukan penipuan dengan menampilkan iklan pop-up yang kemudian seolah-olah melakukan scanning terhadap komputer korban dan mengatakan bahwa komputer korban terinfeksi virus dan merekomendasikan korban untuk membeli antivirus palsu dengan membayar sejumlah biaya.

Seperti yang dilansir dari Tomshardware (06/10/2012), pengguna komputer sebaiknya waspada terhadap iklan atau tawaran antivirus atau peringatan bahwa komputer telah terinfeksi virus yang bukan berasal dari vendor perangkat lunak keamanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda