Scroll to Top

Waspada, Pelaku Pedofilia Rambah Dunia Maya

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 07 Oct 2012

pedofilia

Dunia maya bukanlah tempat yang aman sekali pun hanya diakses dari belakang komputer, laptop, atau gadget lainnya. Terutama bagi anak-anak dan remaja, mereka adalah sasaran empuk orang yang mengidap penyakit kejiwaan pedofilia. Pengidap pedofilia punya kecenderungan menyukai anak-anak sebagai pelampiasan seksualnya. Baik anak-anak laki-laki maupun wanita, tidak lepas dari incaran pelecehan seksual para pedofil.

Dikutip dari Times of India, pedofil semakin aktif mencari mangsa dari anak muda lewat internet. Mereka mengincar user muda yang memanfaatkan webcam dan perlahan mengajaknya berbuat mesum secara online. Bisa jadi anak muda ini diminta untuk sexting atau bahkan sexcam. Pastinya, pedofil dengan bujuk rayunya meminta korban untuk minimal memperlihatkan anggota badan tanpa pakaian.

Korban anak muda perempuan memang lebih banyak ditemukan dibanding laki-laki. Demikian menurut data dari The Child Exploitation and Online Protection (CEOP) Centre. Jejaring sosial Facebook adalah yang paling banyak dipakai orang dewasa mencari mangsa anak muda. Biasanya untuk menggaet korbannya, pelaku pedofilia berpura-pura mengaku berusia lebih muda sehingga korban tidak menaruh curiga.

CEOP juga mendapatkan data bahwa kejadian pelecehan terhadap anak meningkat lebih dari 1.000 per bulan. Tahun-tahun sebelumnya “hanya” ditemukan sekitar 400 kasus per bulan. Anak-anak sebaiknya diberi pemahaman untuk tidak sembarangan chatting terhadap orang yang baru mereka kenal di dunia maya. Begitu pula, mereka mesti paham untuk tidak mudah langsung percaya dengan pertemanan yang terjalin dari internet.

“Banyak anak-anak saat ini online. Ini adalah bagian dari hidup mereka dan saat tumbuh dewasa. Sehingga, semua eksperimen seksual yang pada generasi kita dilakukan secara offline, mereka merasa nyaman dengan melakukan secara online,” kata Zoe Hilton, head of safeguarding di CEOP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda