Scroll to Top

Ragam Cara Meningkatkan Jumlah dan Kualitas Sperma

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 07 Oct 2012

pria

Sedikitnya jumlah sperma pria menjadi salah satu penyebab pembuahan sel telur turun peluang keberhasilannya. Dan, persoalan jumlah dan kualitas sperma ini menjadi masalah yang dihadapi pria selama kurun 50 tahun belakangan ini menurut para ahli. Jika Anda memiliki persoalan seksual yang sama, masih bisa diusahakan solusinya.

Dikutip dari Times of India, berikut ini berbagai cara yang dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma pada pria:

  • Tidak mengonsumsi alkohol dan rokok. Rokok dapat mengaganggu kualitas sperma, gerakannya, memperpendek umur sperma, hingga mengubah genetik yang ada dalam sperma. Sementara untuk alkohol, dapat mengurangi produksi hormon testosteron yang berujung pada menurunnya jumlah sperma.
  • Berolahragalah secara rutin dengan waktu yang wajar. Olahraga berlebihan justru kurang baik untuk kesuburan. Kurangi berat badan agar produksi hormon testosteron tetap seimbang.
  • Konsumsi makanan bergizi, rendah lemak, dan tinggi protein. Kurangi kafein dan perbanyak makan sayuran serta biji-bijian.
  • Lakukan seks dengan cara normal. Jauhi pemakaian pelumas dan tablet vagina yang bisa membuat sperma mati.
  • Sebaiknya jangan meletakkan ponsel di saku celana atau memakai laptop di pangkuan. Meski masih diperdebatkan, sebagian penelitian mengatakan kedua gadget tersebut mempengaruhi kualitas sperma.
  • Hindari membuat area testis menjadi panas. Jauhi terlalu sering memakai celana ketat dan pakailah yang longgar. Jika suka mandi uap, lakukan sesekali saja.
  • Stres juga mempengaruhi sperma. Oleh karena itu, pilihlah relaksasi sesuai minat Anda. Yoga atau meditasi mungkin bisa dijadikan pilihan.
  • Jika Anda memakai obat jenis steroid anabolik sebaiknya tetap dalam pantauan dokter. Obat ini dapat menimbulkan azoospermia, yaitu kondisi tidak lengkapnya sperma.
  • Untuk vitamin, konsumsi makanan yang mengandung vitamin C, A, E, dan zinc. Keempat unsur ini membantu memelihara sperma¬† untuk normal dan mencegahnya menggumpal.
  • Lakukan seks dengan teratur. Seks dengan rutin dapat menurunkan risiko infeksi dan meningkatkan kesuburan seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda