Scroll to Top

F1 GP Suzuka Jepang: Podium Penuh Kebahagiaan

By Rheza Fadhlillah / Published on Sunday, 07 Oct 2012

Kamui Kobayashi podium pertama di Suzuka

Ada yang berbeda dari perayaan podium balap Formula Satu kali ini. Mungkin bukan dari sisi teknis seremonial akan tetapi cerita yang dibawa oleh tiga pembalap terbaik F1 GP Suzuka Jepang musim 2012.

Sebastian Vettel, Felipe Massa, dan Kamui Kobayashi, masing-masing pembalap memiliki alasan mengapa mereka sangat bahagia berdiri di atas podium pada lomba ini. Alasan pertama datang dari Vettel sang pemegang podium utama.

Sebastian Vettel first podium Suzuka 2012

Bagi Vettel kemenangan pada seri F1 GP Suzuka Jepang menjadi kemenangan ketiganya musim ini. Kemenangan tersebut juga merupakan kemenangan ketiganya di Sirkuit Suzuka dalam empat tahun belakangan.

Raihan tersebut membawanya berada di peringkat kedua pembalap dengan kemenangan terbanyak di Suzuka setelah Michael Schumacher yang memimpin dengan total 6 kemenangan.

Melalui kemenangan pada GP Jepang, Vettel berhasil mendekatkan jarak angka dari pimpinan klasemen sementara, Fernando Alonso, menjadi hanya 4 angka dari sebelumnya 29 angka.

Itu artinya kesempatan Vettel meraih gelar juara dunia ketiganya secara berturut-turut kembali terbuka lebar. Dengan lima seri tersisa masih banyak kemungkinan yang akan terjadi. Termasuk kemungkinan bagi Red Bull untuk kembali mendominasi kejuaraan.

Selebrasi Felipe Massa GP Jepang 2012

Alasan berikutnya datang dari peraih podium kedua, Felipe Massa. Bagi Massa hasil yang ia dapatkan kali ini membuktikan bahwa ia masih memiliki kompetensi untuk bersaing di barisan depan.

Massa telah absen kurang lebih selama dua tahun dari podium sejak terakhir kali merasakannya pada GP Korea di tahun 2010 melalui hasil podium ketiga.

Tahun ini ditengah isu akan didepaknya ia dari kursi pembalap Ferrari, Massa mulai memperbaiki sedikit demi sedikit penampilannya. Ia berharap hasil podium kedua di GP Jepang mampu mengamankan posisinya di Ferrari.

Selebrasi Kamui-Kobayashi GP Jepang 2012

Alasan terakhir datang dari pahlawan lokal, Kamui Kobayashi. Penampilan memukau diperlihatkan pembalap tim Sauber asal jepang tersebut pada lomba kali ini.

Ia sukses menahan tekanan yang dilancarkan pembalap Mclaren, Jenson Button, di fase akhir lomba untuk mengamankan podium ketiga.

Sukses tersebut mengantar Kobayashi sebagai pembalap jepang ketiga dalam sejarah Formula Satu yang berhasil finis di podium ketiga setelah Aguri Suzuki di tahun 1990 dan Takuma Sato di tahun 2004.

Foto: Planet F1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda