Scroll to Top

Sebaiknya, Nomor-duakan Minuman Dingin Saat Berbuka

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 09 Aug 2011

Buka puasa adalah momen yang paling ditunggu setiap hari selama bulan Ramadhan oleh umat Islam. Saat itulah rasa lapar dan dahaga segera dileburkan dengan berbagai hidangan dan minuman. Tapi, sebaiknya hindari untuk langsung meneguk air dingin. Karena, lambung Anda bisa berkonstraksi akibat belum menyesuaikan diri setelah 14 jam perut kosong. Mumpung masih di minggu awal Ramadhan, hentikan kebiasaan buruk ini bila Anda melakukannya.

Kalau memang sudah kebelet dengan air es, maka tunggulah sekitar 5-10 menit setelah Anda meneguk minuman hangat agar perut Anda bisa beradaptasi. Disarankan, minuman hangat yang manis. Setelah itu, Anda bisa menyeruput minuman dingin kesukaan Anda.

“Namun alangkah baiknya jika diisi dulu dengan makanan yang manis seperti kurma dan kolak,” tutur dr Nursyam, M.Kes,  sekretaris Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalimantan Barat, seperti dikutip YahooNews.

Selama berpuasa, kata dr. Nursyam, sebaiknya memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Karena, serat yang terkandung di dalamnya dapat bertahan lebih lama di perut. Perut pun akan kenyang lebih lama dan mampu menjaga daya tampung air. Dengan berbagai manfaat sayur dan buah, tubuh Anda juga akan terjaga kebugarannya.

 

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda