Scroll to Top

Athletic Bilbao vs Osasuna 1-0: Keluar dari Zona Degradasi

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 08 Oct 2012

Athletic Bilbao vs Osasuna 1-0

Athletic Bilbao berhasil memetik kemenangan dengan skor 1-0 dalam hasil pertandingan Athletic Bilbao vs Osasuna. Aritz Aduriz menjadi penentu kemenagan timnya yang pada akhirnya, di pekan ketujuh Liga Spanyol, beranjak dari zona degradasi.

Dua tim yang berlaga dalam pertandingan Athletic Bilbao vs Osasuna masih berkutat di zona degradasi. Hal yang kontras dengan pencapaian mereka musim lalu. Athletic datang ke laga ini dengan bekal lima pertandingan kelabu –tak pernah menang–. Sementara Osasuna pekan lalu sukses mengganyang Levante 4-0.

Dalam pertandingan Athletic Bilbao vs Osasuna, bermain di Katedral bernama San Mames, pasukan Basque mencetak gol di menit 12. Adalah Aritz Aduriz, pria yang kembali ke kampung halaman, yang menciptakannya berkat kerja keras Oscar De Marcos. Sebuah hasil yang tak bersahabat untuk tim tamu, yang sebenarnya lebih mendominasi awal laga dengan melepas beberapa percobaan.

Selepas mencetak gol, anak asuh Marcelo Bielsa terlihat lebih menguasai keadaan. Insting Jose Lluis Mendilibar pun dimulai. Belum juga turun minum, Osasuna sudah mencopot Sisi dan Anthony Annan. Sebagai gantinya hadirlah Roland Lamah dan Anthony Punal. Kubu El Sadar berharap mampu menjaga ritme lini tengah mereka untuk menghadapi Singa-Singa San Mames.

Pertandingan pun berlangsung sama kuat. Kedua klub sama-sama berniat untuk merebut kemenangan. Tampil terbuka dan baik Gorka Iraizoz maupun Andres Fernandez sama-sama harus berjuang keras untuk menyetop peluang lawan.

Athletic Bilbao vs Osasuna 1-0

Babak kedua masih berlanjut dengan antusiasme kedua tim untuk mencetak gol. Setelah Mendilibar menumpahkan pergantian terakhir dengan memasukkan Enrique Sola demi mengobati kemandulan lini depan, Marcelo Bielsa bereaksi dengan memperkuat lini belakang.

Pertama, Bielsa mencoba mengandalkan pahlawan Athletic dalam beberapa tahun terakhir, Fernando Llorente —yang musimini kalah dari Aritz Aduritz— sebagai juru gedor. Setelahnya, duo bek muda Jon Aurtenetxe dan Mikel San Jose masuk.

Athletic menunjukkan alasan mengapa mereka berhasil menerobos dua final musim lalu. Sementara, Osasuna juga enggan berlama-lama di zona degradasi. Namun pada akhirnya tuan rumahyang sukses mengamankan kemenangan penting sekaligus beranjak dari peringkat 18.

Masih banyak laga yang harus dilalui Athletic, dan peluang melanjutkan jejak musim lalu, meski sulit karena keretakan tim dan hasil buruk di awal musim, masih mungkin terjadi.

Athletic Bilbao (4-2-3-1): 1-Iraizoz; 15-Iraola, 22-Castillo (3-Aurtenetxe 75′), 23-Ekiza, 18-Gurpegi; 10-De Marcos, 8-Iturraspe; 21-Ander Herrera (6-San José 78′), 14-Susaeta, 19-Muniain; 20-Aduriz (9-Llorente  70′)

Pelatih: Marcelo Bielsa

Osasuna (4-2-3-1): 13-Andrés Fernández, 24-Damià, 5-Lolo, 15-Oier, 14-Alejandro Arribas; 25-A. Annan (10-Puñal  30′),  22-Timor; 9-E. Armenteros, 11-Sisi (20-R. Lamah 31′), 17-Nino; 12-Joseba Llorente (7-Sola 64′)

Pelatih: Jose Lluis Mendilibar

Athletic   Osasuna
18 (8) Tembakan (Tembakan ke Gawang) 16 (5)
12 Pelanggaran 9
11 Tendangan Sudut 1
4 Off side 0
50% Ball Possession 50%
3 Kartu Kuning 4
0 Kartu Merah 0
5 Penyelamatan 7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda