Scroll to Top

iPad 3 Baru Akan Gunakan Prosesor Apple A6?

By Ditya / Published on Monday, 08 Oct 2012

iPad Mini

Selain iPad Mini, muncul kabar terbarau bahwa Apple telah menyiapkan sebuah iPad 3 atau iPad generasi ketiga terbaru yang akan menggunakan prosesor Apple A6, sebuah prosesor yang digunakan pada iPhone 5.

Kehadiran sebuah iPad baru selain iPad mini yang ditenagai oleh prosesor Apple A6 diperkuat oleh laporan atau log file yang berasal dari pengembang aplikasi yang menunjukan iPad dengan kode yang baru, iPad 3,6.

Prosesor Apple A6 sendiri adalah sebuah prosesor yang penuh misteri yang konon terdiri dari prosesor dual-core ARM Cortex-A9 yang telah didesain khusus oleh Apple yang bejalan dengan kecepatan 1,2GHz serta dilengkapi grafis triple-core dari PowerVR SGX543MP3. Kelebihan prosesor Apple A6 ini adalah pada kinerja prosesornya yang jauh melebihi prosesor Apple A5 dengan konsumsi daya yang tetap efisien.

iPad 3 atau iPad generasi ketiga saat ini ditenagai oleh prosesor Apple A5X yang merupakan prosesor dual-core ARM Cortex-A9 dengan kecepatan 1GHz serta dilengkapi grafis quad-core dari PowerVR SGX543MP4, sehingga mampu menghasilkan kinerja grafis yang superior.

Awalnya banyak yang berspekulasi bahwa iPad 3,6 adalah iPad generasi keempat atau iPad 4, namun pendapat ini lemah, mengingat kode iPad baru tersebut masih menggunakan awalan angka 3 yang berarti masih masuk dalam basis keluarga iPad 3 atau iPad generasi ketiga.

iPad generasi ketiga yang telah hadir dipasaran ini menggunakan kode iPad 3,1, 3,2 dan iPad 3,3, ketiganya mengusung spesifikasi yang sedikit berbeda tergantung dengan operatornya.

Kode iPad semacam ini memang bukanlah hal yang baru. Sebelumnya iPad Mini juga diketahui berbasis iPad 2 berdasarkan kode yang digunakan yaitu iPad 2,5 dan iPad 2,6 yang diduga kuat adalah kode untuk iPad Mini.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (07/10/2012), jika memang benar Apple sedang menyiapkan iPad 3 baru yang bertenaga prosesor Apple A6, apakah kehadirannya akan menggantikan iPad generasi ketiga saat ini atau menyasar segemen pasar lain? Mari kita tunggu perkembangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda