Scroll to Top

Alutsista TNI 2012 Dipamerkan di Monas, Masyarakat Antusias

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 08 Oct 2012

Alutsista 2012

Pameran Alutsista (Alat Utama Sistem Persenjataan) TNI Angkatan Darat di Silang Monas, digelar pada 6-8 Oktober 2012. Masyarakat demikian antusias menyambut pameran ini. Tak hanya warga Jakarta, banyak pengunjung dari luar kota yang tercuri perhatiannya untuk menyaksikan peralatan perang yang dimiliki oleh TNI kita. Dalam pameran ini sendiri, ditampilkan Alutsista produksi dalam dan luar negeri.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI, terutama Angkatan Darat, ada penyelenggaran unik yang digelar TNI, yaitu pameran Alutsista di Monas, Jakarta pada Sabtu hingga Senin, 6-8 Oktober 2012. Dalam pameran yang berlangsung selama tiga hari ini, bertujuan untuk memperkenalkan alat apa saja yang dimiliki oleh Tentara Nasional Indonesia kepada masyarakat luas. Secara tidak langsung, mereka yang menonton Pameran Alutsista ini pun akan terpacu lagi nasionalismenya dengan melihat peralatan tempur TNI yang digunakan untuk mempertahankan negara kita.

Kasad (Kepala Staf Angkatan Darat) Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo menyebutkan, bahwa pameran alutsista ini juga dijadikan sebagai ajang pertanggungjawaban penggunaan uang rakyat untuk pembelian peralatan perang TNI.

“Acara ini (pameran Alutsista) diadakan dalam rangka Ultah TNI ke-67. Pasti rakyat ingin melihat seperti apa (pameran ini). Kedua, kami ingin mempertanggungjawabkan kepada rakyat (tentang penggunakan uang negara dan rakyat),” kata beliau.

Dalam pameran ini, hampir semua senjata ditampilkan. Tidak hanya senjata tertua dari TNI, tetapi juga senjata-senjata yang baru dipakai pada kemudian hari. Satu-satunya yang tak muncul adalah Tank Leopard Revolution, kendaraan tempur terbaru TNI. Hal ini terjadi karena keterbatasan waktu.

“Seluruh jenis Alutsista ada di sini (Monas), kecuali Tank Leopard. Namun Tank Leopard bisa dilihat pada tanggal 8 November 2012 di Kemayoran,” kata Kasad Jendral TNI.

Masyarakat sendiri terlihat antusias untuk menyaksikan hal ini. Mereka yang datang dari kalangan umur berbeda, tumpah ruah untuk menonton pameran Alutsista 2012.

Foto Alutsista 2012

Foto Alutsista 2012 (3)

Beberapa satuan kavaleri yang ditampilkan dalam pameran ini di antaranya adalah Tank AMX 13 buatan Prancis, Panser VAB NG —panser pertama buatan Pindad, Panser V 150, Tank Scorpion, dan Panser Anoa. Ada pula penampilan dari kesatuan Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) seperti Heli Bolcow, Heli M-35 buatan Rusia, Heli MI-17, dan Heli Bolcow.

Foto: Inilah, Jaringnews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda