Scroll to Top

Worm Berbahaya Menyebar Melalui Skype IM Dan Meminta Tebusan

By Ditya / Published on Tuesday, 09 Oct 2012

Ransomware

Pengguna instant messaging (IM) Skype sebaiknya waspada, sebuah worm berbahaya telah menyebar melalui instant message Skype yang dapat mengambil alih komputer korban dan meminta tebusan dengan menahan data komputer.

Penyebaran worm yang diketahui bernama Dorkbot ini menggunakan trik yang sama dengan penyebaran malware di Facebook chat beberapa waktu lalu. Worm ini akan menipu pengguna agar men-download file ZIP melalui pesan rekayasa yang berisi “lol, is this your new profil pic?”.

Pesan yang menggelitik tersebut akan membuat korban tertarik ingin men-download dan membuka file ZIP yang dikirim melalui instant messenger Skype. File ZIP tersebut berisi file executable dari worm Dorkbot.

Virus skype

Ketika file Dorkbot dijalankan oleh korban, maka worm Dorkbot akan membuat sebuah celah atau backdoor melalui sebuah tool eksploit yang bernama Blackhole yang nantinya akan digunakan oleh penjahat untuk mengambil alih komputer korban.

Celah keamanan atau backdoor yang dibuat Dorkbot ini akan dimanfaatkan oleh penjahat untuk mengambil alih kontrol komputer korban dari jarak jauh menggunakan remote. Setelah komputer korban berhasil diambil alih oleh penjahat, maka penjahat tersebut akan menginstall ransomware.

Ransomware sendiri adalah perangkat lunak berbahaya yang akan mengunci dan mengenkripsi data pengguna, sehingga pemilik data tak dapat membuka data-data miliknya. Kemudian penjahat tersebut meminta tebusan USD $200 dalam waktu 48 jam, jika tidak dipenuhi, maka data akan dihapus.

Seperti yang dilansir dari CNET (08/10/2012), aksi worm Dorkbot ini pertama kali diketahui oleh GFI, sebuah perusahaan keamanan. GFI merekomendasikan pengguna untuk tidak mengunjungi situs-situs ilegal agar terhindar dari ancaman malware.

GFI juga menyarankan pengguna Skype untuk selalu memperbarui versi Skype yang digunakan untuk mengurangi resiko serangan malware.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda